Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Mencium Aroma Kopi Ternyata Bisa Tingkatkan Performa Otak, Benarkah?

Kamis, 26 Juli 2018

Menghirup aroma kopi. (Foto:Uzone.id)

PEKANBARU-Kopi sering dianggap sebagai 'penolong' saat memerlukan tambahan semangat. Rasa pahitnya membuat mata melek seketika. Ternyata tak perlu sampai menyesap kopi, karena orang bisa memperoleh manfaatnya hanya dengan menghirup aromanya. 

Sebuah studi menemukan, aroma seduhan kopi bisa mempertajam performa dan produktivitas otak. Hal yang lebih mengejutkan, ini tak hanya berlaku bagi kopi berkafein tetapi juga nonkafein. 

Peneliti dari Stevens School of Business, New Jersey melakukan eksperimen pada 114 murid. Mereka dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok terpapar aroma kopi dan kelompok lain tidak. 

Setelah itu mereka mengerjakan ujian adaptasi komputer yang mengukur kemampuan pada berbagai bidang atau lazim disebut Graduate Management Admission Test (GMAT). Hasilnya, mereka yang menghirup aroma kopi menunjukkan performa lebih baik daripada mereka yang tidak. 

"Aroma kopi tak hanya membantu orang memberikan performa lebih baik pada tes analitik, tetapi juga mereka akan mengerjakan tes lebih baik, dan kami menyatakan bahwa harapan ini paling tidak jadi tanggung jawab peningkatan performa kerja mereka," kata Adriana Madzharov, ketua tim peneliti dikutip dari Metro, Selasa (23/7/2018). 

Hasil serupa juga terbukti pada kopi tanpa kafein. Murid yang menghirup kopi tanpa kafein bisa memberikan performa yang baik pula. Meski demikian, skala studi masih terlalu kecil untuk diambil kesimpulan secara umum. Para peneliti masih melanjutkan riset dengan mencari aroma mana yang membuat orang tetap waspada. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNINdonesia


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus