Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Mendagri Tunjuk Sukiman Sebagai Plt Bupati Rohul, Tunggu SK Bupati Definitif

Kamis, 07 Desember 2017

Wabup Sukiman ditunjuk sebagai Plt Bupati Rohul. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Setelah Bupati Suparman menjalani masa hukuman sebagai terpidana kasus suap pengeshaan APBD Riau 2016, Mendagri menunjuk Wakil Bupati Sukiman sebagai Pelaksana tugas (Plt). Posisi Plt hanya untuk mengisi kekosongan jabatan, menjelang Mendagri mengeluarkan SK Definitif sebagai bupati.

Demikian disampaikan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono menanggapi kekosongan posisi bupati di Rokan Hulu setelah Suparman menjalani hukuman di Lapas Sukamuskin, Bandung.

"Wakil Bupati yang akan melaksanakan tugas sebagai Plt Bupati sampai dengan ditetapkannya nanti sebagai Bupati definitif," kata Sumarsono, Kamis (7/12/2017).

Untuk pemberhentian Suparman sebagai Bupati Rokan Hulu, Kemendagri masih menunggu usulan Gubernur agar bisa diproses. "Untuk pemberhentian Suparman, kita masih menunggu usulan dari Gubernur Riau," tuturnya.

Untuk posisi wakil bupati yang akan kosong setelah Sukiman naik menjadi Plt bupati, menurut Sumarsono, mekanismenya melalui DPRD dengan adanya dua calon yang diusulkan parpol atau gabungan parpol pemenang pilkada.

"Kekosongan wakil bupati akan diisi kemudian melalui proses DPRD dengan pemilihan atas dua calon yang diusulkan parpol/gabungan parpol pemenang dalam pilkada," ungkapnya dikutip fokusriau.com dari riauterkini. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus