Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Menelisik Sisi Lain Kehidupan Masyarakat Minangkabau Lewat Novel Meminang Pendekar

Selasa, 12 September 2017

Novel Meminang Pendekar memperoleh respon positif. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Minangkabau memiliki beragam cerita menarik untuk disimak. Tak hanya kaya dengan budaya dan adat istiadat, bumi Minangkabau juga menyimpan beragam cerita rakyat yang tentunya menarik untuk diikuti. Nah, bila anda ingin mengetahui salah satu sisi kehidupan masyarakat Minangkabau, tentunya novel Meminang Pendekar layak untuk dibaca!

Novel ini mengawali kisahnya dari sebuah nagari (desa) di tepian danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dulunya dikisahkan hidup seorang gadis yatim piatu dan dibesarkan sang inyiak (kakek). Inyiak Paduko merupakan seorang pendekar sepuh yang mewariskan semua ilmunya kepada sang cucu Lenggogeni. 

Sampai akhirnya inyiak Paduko berpulang ke Rahmatullah. Tak tega meninggalkan kemenakannya seorang diri di kampung, Lenggogeni kemudian dibawa mamaknya (paman) ikut merantau ke Jakarta.
 
Di sini, Lenggogeni menemui takdirnya. Tanpa sepengetahuan sang mamak, Lenggogeni bekerja sebagai bodyguard seorang pengusaha muda yang tanpa sengaja pernah ditolongnya.

Sebuah peristiwa berdarah kemudian membongkar semua kebenaran. Lenggogeni sekarat dan pekerjaannya sebagai bodyguard akhirnya diketahui sang mamak. Lenggogeni kemudian dibawa kembali pulang ke Maninjau. Ternyata majikan Lenggogeni bernama Bima, menyimpan rasa kepada sang pendekar ini. Tapi apalah daya, rasa benci dari mamak Lenggogeni menghalanginya. 

Akhirnya Bima memutuskan untuk mencari Lenggogeni. Sendirian Bima menjelajahi ranah Minang demi menemukan Lenggogeni dan memberanikan diri Meminang sang Pendekar pada keluarganya. Orang pertama yang ditemuinya adalah Pak Adang Zulfikar, paman kandung Lenggogeni (kakak dari almarhum ayahnya) yang terkenal sebagai pendekar garang.

Perjuangan Bima dalam menemukan Lenggogeni dilatari keindahan pesona alam Minangkabau. Lantas berhasilkah Bima menemukan Lenggogeni dan meminangnya?

Dari semua jerih usaha Bima untuk meminang sang pendekar, ada satu hal yang paling menggamangkan jiwanya. Bima tak pernah tahu, apakah Lenggogeni juga mencintai dirinya atau tidak.  Ujung perjuangan Bima sungguh sebuah menjadi sebuah misteri yang hanya bisa dijawab lewat bab demi bab dalam novel "Meminang Pendekar".

Untuk itu, ayo segera dapatkan novel karya Pipi Adriani dengan menghubungi WA 0823 9117 7777 (Budi Azwar-Payakumbuh) atau 0852 7169 4215 (Boy-Pekanbaru) dan dapatkan akhir cerita Meminang Pendekar yang rugi untuk dilewatkan. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus