Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Menkeu Sri Mulyani Akan Tingkatkan Anggaran Pemberantasan Narkoba

Sabtu, 24 Februari 2018

Kapolri (tengah) bersama Menkeu memberikan keterangan pers. (Foto:Antara)

BATAM-Pemerintah pusat akan meningkatkan anggaran untuk pemberantasan narkotika. Penguatan anggaran digunakan untuk pengadaan alat canggih pendeteksi narkoba dan bakal diberikan kepada institusi atau lembaga yang bertugas mencegah dan menangani penyalahgunaan narkoba.

"Kita tentu akan terus meningkatkan ketahanan dan kemampuan dari negara RI untuk menjaga baik wilayah perairan dan maupun darat, baik dari anggaran yang dialokasikan untuk TNI, Polri, BNN, BIN kita maupun untuk lembaga seperti Bea Cukai," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam jumpa pers tindak pidana pengungkapan narkoba 1,6 ton di dermaga Losgistik Sekupang, Batam, kemarin.

Dikatakan, perlengkapan canggih untuk mendeteksi penyelundup narkoba dibutuhkan. Selain itu, aparat keamanan membutuhkan kapal dengan kecepatan tinggi, mengingat sebagian besar penyelundup masuk wilayah RI melalui perairan.

"Dalam beberapa kasus, kapal penyelundup kabur ke perairan internasional saat hendak ditangkap, untuk menghindari petugas. Begitu dia (penyelundup) masuk, terdeteksi. Mereka tahu dideteksi, dia mau mencoba kabur ke perairan internasional menjadi alasan untuk tidak ditangkap. Sehingga dalam posisi seperti itu `speed` menjadi sangat penting, kemampuan untuk mencegah," ujarnya.

Selain itu, Sri mengatakan, Bea Cukai terus mengevaluasi kemampuan kapal yang dimiliki untuk dapat mengejar penyelundup. Selain itu, dia juga menyampaikan memperkuat kemampuan bela diri aparat bea dan cukai agar bisa bertahan dari serangan penyelundup yang memberontak.

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian membenarkan kemungkinan penyelundup memilih jalur wilayah perairan NKRI, karena menganggap tidak ada penegakan hukum yang tegas dan keras. "Ini polemik, ada pro dan kontra ada yang berpendapat tidak ada hubungannya," ujarnya.

Meski demikian, kapolri menegaskan, jajaran Kepolisian menindak tegas di lapangan. "Saya sudah instruksikan, jangan ragu-ragu tindak tegas," tukasnya. (antara/indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus