Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohil

MenkumHAM Kunjungi Rutan Bagan Siapiapi, Suyatno: Rutan Sudah Melebihi Kapasitas

Sabtu, 16 April 2016

MenkumHAM kunjungi Rutan Bagan Siapiapi. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

BAGANSIAPIAPI-Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Sabtu (16/4/2016) mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari langkah pemerintah untuk mencari solusi terkait kondisi Rutan Bagansiapiapi yang dinilai sudah sangat melebihi kapasitas.

MenkumHAM datang ke Rohil menggunakan helikopter didampingi Plt. Gubri Aryadjulaindi Rahman. Begitu tiba di Bagan Siapiapi, rombongan disambut langsung Bupati H. Suyatno didampingi wakil bupati, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Wakil Ketua DPRD, Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi Edy Mulyono dan anggota Forkompinda.

Rombongan kemudian langsung bergerak menuju Rutan Bagansiapiapi dan meninjau kondisi rutan terpadat di Indonesia tersebut. 

Bupati Suyatno mengatakan, jumlah warga binaan yang menghuni Rutan Bagansiapiapi sekarang berjumlah 699 persen. Sementara idealnya, dengan kondisi rutan yang ada hanya bisa diisi 98 napi saja. "Harusnya rutan ini hanya bisa menampung 98 orang, namun sekarang kenyataanya diisi oleh 699 orang. Makanya, kapasitas rutan ini sudah sangat berlebih," kata Suyatno kepada wartawan.

Selain melihat kondisi rutan, menurut Suyatno, MenkumHAM juga meninjau lahan di Batu Lima yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan Rutan yang baru. Karena Rutan Bagansiapiapi kini mendapat perhatian khusus KemenkumHAM mengingat kondisinya yang sangat melebihi kapasitas, sehingga pembangunan rutan baru harus segera dipercepat. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus