Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Mentawai Masih Berpotensi Gempa dan Tsunami, BNPB Ajak Warga Tanam Pohon Tegakan

Rabu, 01 Mei 2019

Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto:Liputan6.Com)

MALANG-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengingatkan potensi gempa besar yang bisa menimbulkan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Untuk itu, masyarakat diajak menanam pohon tegakan keras sebagai satu langkah mitigasi bencana.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, gempa megathrust berpotensi memunculkan tsunami bisa sewaktu-waktu terjadi di Mentawai, Sumatera Barat. Meski demikian, tidak dapat diprediksi kapan bencana itu akan terjadi.

“Sekarang ini sudah masuk periodisasinya, masuk siklusnya. Tidak pernah ada ahli yang bisa menentukan kapan itu bakal terjadi, tapi kita harus siaga,” kata Doni di sela dialog kesiapsiagaan bencana di Malang, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).

Pernyataan Doni merujuk pada hasil penelitian ahli geologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawijaya. BNPB bersama ahli kegempaan sudah pernah datang ke Mentawai pada Februari silam.

Hasil kajian itu sudah disikapi dengan berbagai strategi mitigasi di wilayah Sumatera Barat. Misalnya, penghijauan menanam pohon tegakan seperti cemara udang dikombinasikan dengan pohon waru, beringin, mahoni maupun tanaman keras lainnya. “Tanaman keras itu bisa bertahan ratusan tahun. Hasil penelitian, pohon seperti itu bisa meredam energi tsunami sampai 80 persen,” ujar Doni.

Namun pohon itu harus yang sudah besar setinggi 20 meter. Bisa meredam tsunami yang kecepatannya bisa mencapai 700 kilometer per jam. BNPB sudah menanam beberapa jenis pohon tersebut di Mentawai dan kawasan Sumatera Barat.

“Kalau pohon masih setinggi lima meter ya belum efektif. Gerakan penanaman pohon ini harus masif,” ujar Doni. (*)



 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus