Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Nobar Film G30S/PKI di Rumbai, Warga Kecewa Banyak Bagian Penting Dipotong

Senin, 25 September 2017

Seribuan warga nonton bareng film G30S/PKI. (Foto: Andi Affandi/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Seribuan warga Pekanbaru dan Rumbai-Rumbai Pesisir menghadiri acara nonton bareng film pemberontakan G30S/PKI di Jalan Sembilang, Kecamatan Rumbai, malam minggu. Hanya saja, warga yang hadir mengeritik keras pemutaran film tersebut.

Jika sebelumnya film dokumenter itu berdurasi hingga 3 jam, kini yang ditayangkan hanya 1,5 jam saja. Terlihat banyak pemotongan bagian-bagian penting film yang disutradarai Arifin C Noor ini. Yang ditayangkan justru tidak menekankan pada bagaimana pemberontakan PKI itu sebenarnya, sehingga harus ditumpas.

"Ini bisa saja pembodohan, banyak adegan-adegan yang seharusnya menunjukkan kenapa PKI itu harus ditumpas, kini bagian itu tidak ada lagi. Padahal tujuan film ini kan memberikan pemahaman kepada generasi muda agar jangan sampai hidup di negara ini," kata Abu, salah seorang warga Rumbai yang ikut menonton film tersebut.

Demikian pula dengan beberapa perwakilan ormas yang hadir juga menyesalkan pemotongan yang menghilangkan esensi dari film tersebut, sehingga film itu tak lagi menjadi propaganda kenapa PKI harus diberantas.

Dalam kegiatan nobar (nonton bareng) yang diinisiasi pemuda Rumbai-Rumbai Perisir tersebut, Turut Hadir Danramil 01 Rumbai, S. Tarigan, perwakilan Camat Rumbai, Polsek serta beberapa Ormas, Front Pembela Islam (FPI) dan Ketua BEM se Riau. Selain itu, terlihat pula beberapa personil TNI berjaga.

Walau pun sepanjang film diputar hujan gerimis membasahi, ribuan warga tetap antusias. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus