Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Nyaleg Dari Partai Berbeda, 5 Anggota Dewan Mundur

Jumat, 03 Mei 2013


DUMAI-Karena mencalonkan diri dari partai berbeda pada pemilu 2014 mendatang, lima anggota DPRD Kota Dumai terpaksa harus mengundurkan diri dari jabatannya sekarang. Ini merupakan konsekuensi yang harus diterima, menyusul keluarnya peraturan KPU Pusat yang mengharuskan setiap anggota dewan yang mencalonkan diri kembali dengan partai berbeda untuk mundur.

"Berkas pada BB5 telah mengatur tentang pencalonan anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi dan DPR, terutama bagi anggota dewan yang pindah partai ketika mencalonkan diri pada pemilu 2014 nanti," kata Kepala Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Dumai, Wan Ahyar Abizar, Kamis (2/5) di Dumai.

Dikatakan, beberapa poin pada berkas BB5 yang tertera dalam Peraturan KPU nomor 13 tahun 2013 disebutkan, seorang anggota dewan yang berpindah partai mesti melampirkan surat pengunduran diri dari partai lama. Kemudian mengurus surat penguduran diri dari lembaga DPRD, ditandai surat keterangan sedang mengurus pengunduran diri yang ditandangani pimpinan DPRD atau sekretaris DPRD. Kedua berkas itu menjadi syarat muthlak pencalonan.

Kelima anggota DPRD Kota Dumai yang mengundurkan diri tersebut terdiri dari dua orang politisi PNKB, yakni Oni Chairulnisa dan Yusman yang berpindah ke Partai Nasdem dan Demokrat. Kemudian, Juprida yang dulu anggota Partai Barnas pindah ke Hanura. Politisi PKNU, Ahmad Safawi pindah ke PBB dan terakhir, Asrizal dari Partai Buruh beralih ke PAN.

Kelima wakil rakyat ini berpindah itu karena Partai politik yang mengusung mereka pada Pemilu 2009 tidak lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2014. "Jika berkas BB5 itu belum dilampirkan, dapat dilengkapi pada masa perbaikan nanti setelah penetapan daftar caleg sementara," tukasnya.

Tanggal 9-22 Mei, menurut Wan Ahyar, bacaleg bersangkutan tidak menyerahkan surat pengunduran diri, maka berkasnya dinyatakan tidak lengkap dan pencalonan batal atau dicoret. Kita belum tahu apakah mereka sudah melampirkan atau tidak," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Dumai, Zainal Abidin menerangkan, lembaga DPRD telah menerima surat pernyataan pengunduran diri dari kelima wakil rakyat tersebut. Surat pengunduran diri mereka juga telah ditandatangani pimpinan DPRD, seperti aturan dalam berkas BB5 Peraturan KPU Nomor 13 tahun 2013 tersebut. "Surat pengunduran diri mereka sudah ditandatangani," katanya. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus