Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Oknum Satpol PP Minta Uang ke Pedagang Dumai Expo

Selasa, 30 April 2013


DUMAI-Sejumlah pedagang Dumai Expo di Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Dumai Timur mengeluh, karena ulah sejumlah oknum Satuan Polisi Pamong Praja Kota Dumai yang meminta uang Rp100.000 bahkan lebih, dengan alasan untuk keamanan selama pelaksanaan Dumai Expo.
 
Salah seorang pedagang pernak pernik asal Sumatera Barat, Iin kepada wartawan mengatakan, beberapa oknum Satpol PP meminta uang kepada pedagang di Dumai Expo dengan alasan uang keamanan dengan nilai Rp100.000. “Mereka datang berdua atau sendiri menggunakan seragam Satpol PP dan meminta uang Rp100.000 dengan alasan uang keamanan. Jika tidak membayar, kami akan dimarahi,” ujarnya.
 
Dikatakan, berjualan pernak pernik hanya mendapatkan untungsedikit. Bahkan dalam satu malam, hanya dapat untung kurang dari Rp100.000. Kalaupun ada penjualan, untuk mengembalikan modal saja belum cukup, karena masa berdagang yang singkat dan daya beli masyarakat yang rendah.
 
“Saya hanya menjual asesoris dengan harga antara Rp5.000 sampai Rp20.000. Jadi berapalah pendapatan saya satu malam. Ini diminta pula uang keamanan oleh oknum satpol pp. Jadi mau untung apa kita? Belum lagi sewa lapak yang dibebani panitia terbilang tinggi. Selain itu, setiap harinya kita juga harus membayar berbagai macam biaya untuk kebersihan, retribusi dan lainnya,” tuturnya.
 
Dengan kejadian tersebut, citra dan nama Satpol PP tercoreng. Menurut Iin, Satpol PP seharusnya mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan pedagang sesuai tugas dan fungsinya menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan Peraturan Daerah, bukan meminta uang seperti ini.
 
Terhadap keluhan pedagang tersebut, Kepala kantor Satpol PP Dumai, Bambang Wardoyo kepada wartawan mengatakan, pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada sejumlah UKM yang berjualan di Dumai Expo untuk tidak memberikan uang apapun kepada petugas. Namun dengan jumlah pedagang yang banyak, tentunya tidak semuanya mendapatkan surat edaran.
 
Surat edaran tersebut jelas berbunyi, tidak dibenarkan petugas Satpol PP yang bertugas selama Dumai Expo meminta uang keamanan terhadap pedagang yang berjualan. Namun, menurut Bambang, jika ada atau kedapatan petugas Satpol PP yang meminta uang kepada pedagang diharapkan pedagang langsung melaporkannya ke Kantor Satpol PP Dumai di Jalan Patimura. Sehingga pihaknya bisa memberikan tindakan tegas, jika terbukti ada oknum Satpol PP yang bermain dengan pedagang.
 
“Saya tegaskan, tidak dibenarkan petugas Satpol PP meminta uang kepada sejumlah pedagang yang ada di Dumai Expo. Bila ada kedapatan, kita akan memberikan sanksi tegas sesuai peraturan dan kepada pedagang, saya mengimbau untuk tidak memberikan uang kepada anggota Satpol PP yang meminta sejumlah uang dengan alasan apapun,” kata Bambang. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus