Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Panen Raya di Desa Redang, Produksi Gabah Inhu Mencapai 6,,94 Ton Perhektare

Kamis, 11 Oktober 2018

Panen raya di Desa Redang Inhu. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Bupati Yopi Arianto bersama Forkompimda dan kelompok tani di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Kamis (12/10/2018) mengikuti panen raya.

Kepala Desa Redang Edi Suparman menyebut, luas lahan sawah di desanya mencapai 65 hektare yang dikelola dua kelompok tani, yakni Mekar Jaya dan Beringin Jaya. Areal padi sawah tersebut sangat potensial dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan beras di Inhu dan Riau umumnya.

Meski demikian, dalam pengembangannya masih butuh perhantian serius pemerintah, terutama dalam membangun infrastruktur saluran air. Keberadaan saluran air sangat perlu, karena sangat berguna untuk mengatasi banjir di lahan sawah petani saat musim hujan.

Plt Kadistankan Inhu Paino SP mengatakan, program pajale merupakan komiditas strategis yang bisa dikembangkan di Inhu. Distankan terus berupaya menjalankan program pajale untuk menemuhi kebutuhan beras di Inhu. 

Dengan pajale, mudah-mudahan ke depan bisa menutupi ketersediaan beras di Inhu. Apalagi pengembangan Pajale bersama dengan Pemprov dan pemerintah pusat untuk mencapai tanam yang dulunya satu kali setahun menjadi dua kali setahun.

Untuk mencapai target swasembada pangan di Inhu, Distankan sudah melakukan perluasan lahan sawah dengan sistim cetak sawah baru, termasuk mengola sawah yang selama ini tidur. Adapun kegiatan panen raya padi sawah di Desa Redang, menurut Paino, dilaksanakan dalam rangka memotivasi petani mencapai target swasembada pangan. (*) 






Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus