Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Panswaslu Merupakan Ujung Tombak dan Instrumen Penting Suksesnya Pemilu

Jumat, 07 September 2018

Penandatanganan PAW Anggota Panwaslu Pulau Laut. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

NATUNA-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan Pemilu. Panwaslu berfungsi untuk mencegah dan mengkoordinasikan bila terjadi pelanggaran terhadap aturan Pemilu, sekaligus menjamin hak masyarakat untuk menentukan pilihan sesuai hati nurani.

Namun sebagai lembaga berjenjang yang berada disetiap tingkat pemerintahan, Panwaslu Kecamatan memiliki peran strategis sebagai ujung tombak pengawasan, mengingat lingkup kerja yang langsung berhadapan dengan masyarakat sebagai sasaran pengawasan dengan kecenderungan kondisi yang beragam.

Karenanya, dalam pelaksanaan tugas Panwaslu Kecamatan dituntut untuk selalu membangun koordinasi dengan berbagai pihak terkait, terutama dalam rangka mengupayakan iklim sosial yang kondusif.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Natuna Khairurrizal,S.IP usai melantik Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota Panwaslu Kecamatan Pulau Laut di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Natuna, Kamis kemarin.

Menurut Khairurrizal, pelaksanaan tugas dilapangan mungkin saja dihadapkan dengan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu/tim sukses, melalui strategi politik dalam bentuk fitnah, ujaran kebencian yang dikhawatirkan dapat memecah belah masyarakat dan menggangu ketentraman dan ketertiban.

Karenanya, khairurrizal sangat berharap seluruh anggota Panwaslu Kecamatan Pulau Laut Khususnya dan seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Natuna untuk dapat menjaga kekompakan, membangun koordinasi dan komunikasi yang solid terutama dengan Bawaslu Kabupaten Natuna maupun berbagai pihak sesuai kondisi dan kewenangan yang dimiliki.

"Adapun Anggota PAW Panwaslu Kecamatan Pulau Laut yang dilantik adalah Sofyani, S.Pd menggantikan Amran,S.IP berdasarkan Surat Keputusan Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Nomor: 074/KR/KP.11.00/VIII/2018," ujarnya. (*) 





Penulis: Indra H Piliang
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus