Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Pantau Kondisi Jalur Mudik, Dirlantas Polda Sumbar Tinjau Sampai Kelok Sembilan

Sabtu, 09 Juni 2018

Dirlantas Kombes Pol Singgamata berdialog dengan Bupati Limapuluh Kota. (Foto:Tribunpekanbaru)

PADANG-Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar Kombes Pol Singgamata, Jumat (8/6/2018) meninjau kondisi lalu lintas di jalur utama Padang-Bukittinggi sampai jembatan Kelok 9.

"Tadi kami sudah menelusuri ruas jalan dari Padang sampai Fly Over Kelok 9. Dari penelusuran yang kami lakukan, semuanya aman dan kami siap menyambut kedatangan pemudik untuk pulang ke kampung halaman," kata Kombes Pol Singgamata, Jumat kemarin.

Di Fly Over Kelok 9, menurut Singgamata, saat ini sudah bersih dari PKL yang selama ini keberadaannya sempat memprihatinkan, karena ada bahu jalan yang retak. Sedangkan di Pasar Koto Baru yang terkenal "horor" macet dan sudah berlangsung menahun, kondisinya sekarang juga sudah kondusif.

"Pedagang di sana sudah bergeser ke belakang dan tentunya kemacetan di kawasan itu dapat diminimalisir saat libur lebaran nanti. Namun, saya berharap pedagang tak lagi bergeser ke depan. Sehingga untuk selanjutnya, arus lalu lintas di depan Pasar Koto Baru bisa lancar, meskipun saat hari pasar," ujarnya.

Tak hanya memantau persiapan jalur mudik, Singgamata mengaku, pihaknya juga memantau jalur kereta api Batang Anai dan Lubuk Alung terus ke jalur mudik di Lembah Anai dan Pasar Koto Baru serta memeriksa persiapan Lokasi Pos Pengamanan Lebaran yang berada di 19 titik di sepanjang jalur mudik Padang-Bukitinggi.

"Termasuk memantau kondisi tiga Pos Pelayanan untuk mendukung Operasi Ketupat Singgalang 2018. Dari pengecekan tersebut, semua Pos Pengamanan siap untuk memberikan pelayanan bagi pengguna jalan pada saat arus mudik, maupun arus balik," ujar mantan staf pribadi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono itu.

Dia berharap, situasi kondisi arus lalu lintas saat libur lebaran tahun ini lebih baik di banding tahun sebelumnya, karena Ditlantas, termasuk Sat Lantas di Polres jajaran Polda Sumbar juga sudah menyiapkan berbagai strategi dalam mengurai kemacetan.

"Kami mengimbau pengguna jalan saat arus mudik dan balik, juga senantiasa mentaati peraturan lalu lintas yang ada di jalan. Kemudian, untuk memastikan keselamatan dan kelancaran arus mudik dan arus baik, kami juga berharap dukungan dari pemangku kepentingan, termasuk masyarakat pengguna jalan," tukasnya. (*)

 
 

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus