Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Paripurna Pandangan Umum Fraksi, Demokrat Minta RPJMD Inhil Fokus Kepentingan Masyarakat

Kamis, 07 September 2017

Juru bicara fraksi Partai Demokrat M Sabit Bahar. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HILIR-DPRD Inhil menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi terhadap Ranperda Perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2014, tentang Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013-2018 dan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2016 yang berlangsung di gedung DPRD Inhil, Selasa (6/9/2017). 

Dalam pandangannya, Fraksi Demokrat mengatakan, penyusunan perubahan RPJMD Inhil harus fokus untuk kepentingan masyarakat. Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat M Sabit mengatakan, perlu dipertimbangkan seberapa jauh penyusunan rencana dapat menjabarkan visi dan misi daerah dan mudah dipahami pelaku pembangunan dan untuk kepentingan masyarakat Indragiri Hilir. 

"Perubahan RPJMD seharusnya menjadi momentum untuk tidak lagi melanjutkan penganggaran program dan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak menyentuh kepentingan masyarakat," ujar Sabit. 
 
Seharusnya, menurut anggota Komisi III DPRD Inhil ini, setiap rupiah uang daerah yang dibelanjakan harus berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Inhil. "Sebagaimana diamanahkan Pasal 33 Ayat 1 UUD 1945 bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," katanya. 

Penjelasan Pasal 2 Huruf e PP 18 Tahun 2016 tentang Susunan Perangkat Daerah mengamanahkan bahwa yang dimaksud dengan asas “pembagian habis tugas” adalah pembentukan Perangkat Daerah yang membagi habis tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan kepada perangkat daerah dan tidak terdapat suatu tugas dan fungsi yang dibebankan pada lebih dari satu perangkat daerah. 
 
Sayangnya, dalam Ranperda Revisi Rencana RPJMD Inhil tahun 2013-2018 masih terdapat rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan lebih dari satu Organisasi Perangkat Daerah. (adv/parlemen)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus