Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Pasca Kerusuhan dan Pembakaran, Rutan Siak Riau Diketahui Overload 300 Persen

Sabtu, 11 Mei 2019

Petugas memadamkan kebakaran di Rutan Siak. (Foto:KoranMX)

SIAK-Rutan Klas IIB Kabupaten Siak, Riau, Sabtu dini hari tadi terbakar. Sebelum terbakar, para tahanan terlibat kerusuhan dengan petugas di dalam rutan tersebut. 

Terlepas dari kerusuhan tersebut, Rutan Siak merupakan salah satu yang terpadat dan overload di Riau. Dimana daya tampungnya diketahui hanya 128 orang, namun sekarang diisi sekitar 648 tahanan. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Riau M. Diah mengungkap, akibat kebakaran itu pihaknya akan segera melakukan evakuasi terhadap sejumlah tahanan yang menghuni tiga rutan terdekat dari Siak. Salah satunya Rutan Pekanbaru. 

"Jadi sudah bisa digambarkan, (Overload) sudah lebih dari 300 persen," ujar M. Diah, Sabtu (11/5/2019).

Dikatakan, saat ini ada 113 tahanan yang kabur akibat kebakaran tersebut sudah berhasil diamankan. Pihaknya pun masih melakukan pendataan tahanan di dalam untuk mengetahui apakah masih ada tahanan yang kabur.

Sebelumnya, kerusuhan yang berujung pada kaburnya ratusan tahanan terjadi di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru. Sampai sekarang, masih ada sejumlah tahanan yang masih belum ditemukan dan terus dicari kepolisian. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus