Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Pasokan Listrik Berkurang, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

Senin, 25 Maret 2013


PEKANBARU-Mulai minggu lalu, pasokan listrik ke Provinsi Riau dan Pekanbaru khususnya mengalami pengurangan, karena PLTU Ombilin keluar dari sistim interkoneksi Sumatera Bagian Tengah (Subtagteng). Kekurangan daya untuk Pekanbaru mencapai 20 megawatt. Akibatnya, PLN Cabang Pekanbaru harus melakukan pemadaman bergilir.

Pemadaman mulai dilakukan di kawasan Tenayan Raya, Minggu (24/3) pagi. Beberapa warga mengaku tidak tahu akan dilakukan pemadaman yang berdurasi hampir satu jam ini, sehingga warga tertunda untuk melakukan aktifitas mingguan. “Setiap minggu kami selalu mencuci banyak pakaian, karena pada hari biasa kami kerja. Namun, tadi pagi tidak bisa mencuci, karena air di tangki kosong. Kami tidak siap dari kemarin untuk mengisi air di tangki, karena tidak tahu listrik akan padam selama satu jam,” kata Nana.

Manager SDM dan Humas PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Suhatman menyebutkan, kebutuhan daya Riau hingga tahun 2013 saat normal mencapai 350 megawatt, sedangkan pada saat beban puncak sudah sampai kepada 400 megawatt. “Akibat keluarnya PLTU Ombilin dari sistem interkoneksi Sumbagteng, daerah yang berada di interkoneksi tersebut harus kekurangan daya. Untuk Pekanbaru terdapat kekurangan 20 megawatt,” papar Suhatman.

Manager PLN (Persero) Cabang Pekanbaru, Agus Sucahjo menyebutkan, kekurangan daya 20 megawatt itu hanya terjadi pada saat beban puncak yakni dari pukul 18.00 WIB sampai 22.00 WIB.

“Maka pemadaman dilakukan secara bergilir saat beban puncak. Pemadaman sudah diumukan di media massa. Kalau pemadaman terjadi pada pagi atau siang hari, itu akibat adanya gangguan jaringan di Pekanbaru, dan pemadaman tidak akan lama, tidak sampai berjam-jam. Untuk itu, kami mohon maaf atas kekurangan nyamanan pelanggan dengan gangguan listrik ini,” kata Agus. (trp/ded)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus