Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Pasukan Kuning Turun, Banjir di Jalan HR Soebrantas Pekanbaru Kini Surut

Selasa, 18 Juni 2019

Pasukan kuning membersihkan saluran air yang penuh sampah. (Foto:Antara)

PEKANBARU-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru, Riau menurunkan puluhan pasukan kuning untuk membersihkan saluran air (drainase) yang tersumbat dan menimbulkan banjir di sepanjang Jalan HR Soebrantas Panam.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomidi mengakui, tingginya curah hujan sejak Senin malam tak mampu ditampung drainase yang sudah tersumbat sampah masyarakat. Banjir tak hanya merendam jalanan, namun juga menggenangi pemukiman bahkan menimbulkan korban jiwa.

"Kenyataannya, ada ruko yang dibangun dan mempersempit parit bahkan menutupnya," kata Indra Pomi, Selasa sore di Pekanbaru.

Karena itu, puluhan pasukan kuning petugas kebersihan yang dikerahkan sejak pagi sampai siang bekerja melakukan pembongkaran pada sumbatan drainase. Ada beberapa genangan yang sudah dilakukan pembersihan, seperti di depan Pasar Arengka.

"Telah dilakukan pembongkaran gangguan samping, sehingga air kini sudah bisa mengalir kembali dengan cepat," tuturnya.

Untuk genangan di Jalan Paus, pasukan kuning sedang melakukan pembersihan drainase. Untuk kawasan di depan Putri Tujuh dan Jalan Tuah Karya, Panam sedang dikerjakan petugas.

Pomi mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena masalah banjir bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi masyarakat untuk ikut bersama menjaga kebersihan drainase dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami mohon partisipasi semua masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jangan ganggu kelancaran drenase, jangan tutup atau cor parit di depan ruko. Aktifkan kegiatan gotong -royong lingkungan bersih," tukasnya.

Pomi juga meminta RT/RW aktif menegur warganya yang membangun ruko dengan menutup parit dan drainase. "Bila ada ruko yang menutup parit untuk jalan masuk, tolong RT/RW setempat tegur, sama -sama kita saling mengingatkan, bila membangkang segera lapor ke Lurah untuk kirimkan alat berat membongkarnya," imbuhnya. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler


     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus