Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Pawai Taaruf Awali Pembukaan MTQ Riau ke 36, Kuansing Posisi Pertama

Minggu, 10 Desember 2017

Bupati Mursini berjalan bersama istri jelang . (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

DUMAI-Gubernur Arsyadjuliandi Rahman membuka MTQ Tingkat Provinsi Riau ke 36, Minggu (10/12/2017) di Kota Dumai. Pembukaan diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti rombongan kafilah 12 kabupaten/kota di Riau.

Pantauan fokusriau.com, tampak kafilah Kabupaten Kuansing menempati posisi pertama dan saat melewati panggung penghormatan, terdengar gema pembacaan sinopsis daerah Kuansing oleh Kabid Kebudayaan Kuansing Mulyadi Harun. Dari pelaksanaan pawai ta'aruf tersebut, tergambar beragaman yang ada di Bumi Rantau Kuantan yang cukup kental dengan adat budaya Bajambar Togak, Sisampek Junjung, Bapacu Jalur dan Randai Kuantan.

Ini merupakan ciri khas nuansanya tradisional dari Kuantan Singingi yang dibawakan rombongan kafilah. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, adat dan pemerintah yang dikenal dengan sebutan tali tigo sapilin, tungku tigo sajorangan, adat bersandi sarak, sarak bersandi kitabullah.

Budaya pacu jalur begitu eksotik dan mampu menciptakan kebersamaan dari latar belakang adat suku budaya yang religius, terlihat nyata dari berdiri Kokoh bangunan Masjid Agung Teluk Kuantan, ditambah dengan budaya pacu jalur menyapa dunia yang meraih peringkat pertama pada ajang Anugra Pesona Indonesia 2017. Ini merupakan bagian dari kemampuan Bupati H Mursini dan Wabup H Halim memimpin Kuansing. (jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus