Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Pebalap Indonesia Sukses Lampaui Tantangan ATC Buriram

Senin, 13 Maret 2017

Pebalap muda Indonesia. (Foto:Honda)

PEKANBARU-Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Gerry Salim berhasil mengawali pertarungan sengit seri perdana Asia Talent Cup 2017 yang berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, 11-12 Maet 2017. Hasilnya, Gerry menempati 5 besar kelasemen sementara dari 23 pebalap berbakat berbagai negara.

Hasil positif pebalap muda Indonesia binaan AHM lainnya Irfan Ardiansyah dan Lucky Hendriansya juga berhasil mengisi posisi 9 dan 10 besar kelasemen sementara ATC 2017. Sementara Muhammad Erfin Firmansyah di posisi 13 kelasemen sementara.

Meskipun pebalap muda jebolan Astra Honda Racing School (AHRS) ini berhasil menunjukan performa positif di sesi latihan bebas dan sesi kualifikasi, namun dua sesi balapan tidaklah berlangsung mudah bagi mereka.

Tekanan pebalap negara lain membuat Gerry Salim, Irfan Ardiansyah, Lucky Hendriansya dan Muhammad Erfin Firmansyah harus mengeluarkan seluruh kemampuannya sejak bendera start dikibarkan demi raihan positif tersebut. “Adaptasi singkat membuat pebalap belum menemukan irama yang terbaik di putaran pertama ini. Tapi kami bangga performa Gerry Salim dan rekan-rekannya yang terus menerus berjuang di lintasan balap untuk dapat meraih yang terbaik. Hal ini terlihat pada catatan waktu dan posisi mereka yang membaik di setiap balap,” ujar GM Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra kepada fokusriau.com dalam keterangan tertulisnya.

Jalannya balapan pada putaran pertama ATC memang kurang memuaskan bagi Gerry Salim. Minimnya persiapan karena tidak mengikuti tes pramusim membuat Gerry harus berjuang keras untuk beradaptasi cepat.

Kerja keras tersebut berbuah hasil dengan mampunya Gerry selalu bertahan di grup terdepan pada balap pertama dan kedua. Raihan tersebut juga tidaklah mudah karena beberapa kali Gerry sempat tercecer ke posisi 9 dan 10. Namun usaha Gerry yang gigih mampu membuatnya melewati lawan bahkan beberapa kali sempat mengisi posisi ke 4 terdepan di balapan kedua. Gerry pun mampu menyelesaikan balap 16 lap tersebut di posisi ke 5 pada balap pertama dan ke 6 pada balap kedua.

“Balapan yang sangat seru dan saya sudah maksimal. Saya berhasil memperbaiki catatan waktu dan hanya terpaut setengah detik saja dari posisi pertama. Saya yakin bisa lebih baik di seri 2 dan merebut podium ATC,” ujar Gerry.
Performa mengejutkan juga diberikan pebalap debutan Lucky Hendriansya. Meskipun pada balap pertama hanya mampu finish di posisi ke 11, namun pada balapan kedua, Lucky menunjukan kemampuan terbaiknya dengan mengisi 3 besar rider terdepan di 5 lap awal pada balap kedua. Bahkan pada lap ke 4 Lucky sempat memimpin jalannya lomba.

Namun sayang, ketatnya persaingan membuat Lucky harus merelakan posisi tersebut dan finish di posisi ke 9 di bawah rekan setimnya Irfan Ardiansyah yang berada di posisi ke 8 pada balapan ke 2 tersebut. Sementata itu, Erfin mampu memperbaiki posisinya menjadi ke 11 setelah pada balap pertama hanya mampu finish di posisi ke 14. “Saya berhasil mulai start dengan baik dan memimpin di grup terdepan. Tapi di atas 10 lap, daya tahan fisik saya mulai menurun. Ini jadi pembelajaran berharga untuk saya," ungkap Lucky.

ATC 2017 diikuti 23 pebalap muda berbakat berbakat dari berbagai Negara Asia seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Jepang, Australia dan Turki masih menyisakan 5 putaran balap yang akan diadakan di Qatar (23-26/3), Jepang (2-4/6), Malaysia (28-30/7), Jepang (13-15/10) dan Malaysia (27-29/10).
“Perjuangan belum usai. ATC masih menyisakan 10 kali balapan di 5 seri tersisa dan para pebalap masih harus meningkatkan kemampuannya di setiap kesempatan secara cepat untuk menghadapi musim balap yang panjang inj. Kami yakin dengan semangat juang tinggi, podium ATC di seri berikutnya akan menjadi milik Indonesia dan memberikan kebanggaan pada bangsa,” ujar Indraputra. (adi fadhilahi akbar)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus