Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Pekanbaru Diguyur Hujan, Jalan HR Subrantas Sampai Kantor Bawaslu Riau Terendam

Senin, 25 Juni 2018

Kondisi Jalan HR Soebrantas usai diguyur hujan lebat. (Foto:Tribunpekanbaru)

PEKANBARU-Sejumlah ruas jalan dan pemukiman padat penduduk di Pekanbaru, termasuk di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru, Senin (25/6/2018) pagi terendam air. Genangan air diduga terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Pekanbaru sejak dini hari tadi. Buruknya sistem drainase menjadi faktor pendukung terjadinya banjir.

Selain genangan air, terlihat sampah berserakan di sekitar ruas jalan Soebrantas Panam, karena sampah tersebut belum sempat diangkat petugas dan sudah terbawa luapan air. "Udah banjir, sampahnya juga bikin susah," ungkap seorang warga yang sedang membersihkan sampah di sekitaran jalan.

Sementara sejumlah kendaraan yang melintas terpaksa harus menurunkan laju kecepatan karena jalanan yang terendam air. Di sisi lain, hujan lebat yang mengguyur juga membuat Kantor Bawaslu Riau di Jalan Adi Sucipto ikut kebanjiran. 

Genangan air di kawasan Kantor Bawaslu Riau bahkan sudah mencapai lutut orang dewasa.
Sedangkan di berbagai ruangan lantai I ketinggian air mencapai pergelangan kaki orang dewasa. "Untuk beberapa kalinya sejak pindah kantor, kita mengalami banjir seperti ini," kata Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan kepada wartawan, Senin pagi.

Sejauh ini, kata Rusidi, pihaknya sedang melakukan evakuasi barang-barang dan dokumen yang terkena genangan air di lantai I untuk dipindahkan ke lantai II. "Barang-barang sudah mulai kita pindahkan ke lantai II, cukup banyak juga yang terkena genangan air, karena hujan lebat terjadi pas malam," imbuhnya.

Menurut Rusidi, genangan air cukup tinggi di kantor tersebut karena saluran pembuangan air atau parit yang tidak mengalir dan daya serap tanah yang kurang baik, sehingga air hujan yang menggenang lambat surut. Rusidi berharap, persoalan ini mendapat perhatian dari Pemko Pekanbaru.

Sebab dikhawatirkan akan mengganggu pelaksanaan pengawasan pilkada Riau 2018 dan Pemilu 2019 yang sedang diawasi Bawaslu Riau. "Jika begini terus setiap kali hujan mengguyur Pekanbaru, bisa terganggu agenda pengawasan kita. Bagaimana nanti seandainya kita sedang menangani perkara pelanggaran, upamanya harus sidang sementara air menggenang setinggi lutut orang dewasa, kan bisa batal sidangnya," tukasnya. (*) 





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus