Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Pemilu 2019, Tampan Dapil V, Payung Sekaki dan Senapelan Bergabung Dapil VI

Kamis, 07 Desember 2017

Rapat Kerja dan Simulasi KPU Pekanbaru di Hotel Pangeran. (Foto: Andi Affandi/FokusRiau)

PEKANBARU-Pada Pemilu 2019 mendatang, daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Senapelan dan Payung Sekaki digabung menjadi satu. Sedangkan Kecamatan Tampan yang sebelumnya bergabung dengan Payung Sekaki, sekarang menjadi dapil sendiri. Dengan demikian, untuk Pemilu 2019 mendatang terdapat enam dapil di Pekanbaru.

Penambahan dapil oleh KPU Kota Pekanbaru merupakan hasil Rapat Kerja dan Simulasi Penataan Dapil serta ALokasi Kursi yang dilaksanakan di Hotel Pangeran, Rabu (6/12/2017).  

Komisioner KPU Pekanbaru Divisi Program dan Data Abdul Razak Jer menyampaikan, sebelumnya KPU Pekanbaru telah melakukan Bimbingan Teknis internal dan berdiskusi dengan beberapa stake holder.  Penambahan Dapil ini merupakan amanat UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU No 7 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu. 

"Prinsip penataan Dapil, seperti kesetaraan suara, azas proporsionalitas, integritas wilayah, kohesivitas dan lainnya. Diputuskan Kecamatan Tampan nanti berdiri sendiri di satu Dapil dan Payung Sekaki dan Senapelan digabung jadi satu di Dapil VI." jelas Abdul Razak.

Sebelum, ada dua opsi, yakni opsi pertama penggabungan Payung Sekaki dan Senapelan dan opsi kedua Payung Sekaki dengan Sukajadi. Setelah melakukan dialog dengan stake holders yang ada, yakni Pemko, DPRD, lembaga adat, tokoh masyarakat dan akademisi, akhirnya disepakati mengambil opsi pertama.

Diketahui, sebelumnya terdapat lima Dapil di Pekanbaru, yakni Dapil I (Sukajadi, Pekanbaru Kota, Limapuluh dan Senapelan), Dapil II (Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir), Dapil III (Kecamatan Sail dan Tenanyan Raya), Dapil IV (Marpoyan Damai dan Bukit Raya) dan Dapil V (Kecamatan Tampan dan Payung Sekaki).

Dengan digabungnya Payung Sekaki dan Senapelan menjadi Dapil VI, maka Dapil I Dapil I yang sebelumnya empat kecamatan menjadi tiga. Sedangkan Kecamatan Tampan satu Dapil. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus