Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Pemkab Dharmasraya Produksi 100.000 Masker Gratis untuk Masyarakat

Minggu, 29 Maret 2020

Siswa-siswi BLK Padang membuat masker untuk masyarakat. (Foto:Liputan6.com)

PADANG-Merebaknya virus corona Covid-19 ke seluruh wilayah Indonesia, menyebabkan langkanya masker di pasaran. Jika ada toko atau apotek yang memiliki stok, harganya melambung ratusan ribu per kotak.

Melihat kondisi itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat tak kehilangan akal. Pemkab mulai memproduksi 100.000 masker gratis untuk masyarakat.

"Masyarakat membutuhkan masker, namun karena langka Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Kota Padang membuatnya," kata Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sabtu (28/3/2020).

Menurutnya, masker tersebut akan selesai pengerjaannya 10 hari ke depan, kemudian langsung dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Dengan adanya masker ini, bupati berharap masyarakat terhindar dari penyebaran virus Corona Covid-19 diirngi dengan pola hidup sehat.

Dalam satu hari tenaga kerja yang terdiri dari siswa-siswi BLK sebanyak 32 orang akan memproduksi masker sekitar 10.000 buah. "Honor dan hal lainnya sudah disepakati oleh pemkab dan BLK Padang," kata bupati berusia muda itu.

Untuk bahan masker terbuat dari kain sesuai rekomendasi dari dinas kesehatan. Pengikatnya juga dari kain yang digulung dengan bagus. "Pendistribusiannya kami serahkan kepada BPBD dan Dinas Kesehatan Dharmasraya yang lebih paham soal penangaan corona Covid-19," ujarnya.

Perketat Perbatasan
Sutan mengatakan 50 ribu masker untuk warga Dharmasraya, lalu 50 ribu lainnya dibagikan kepada warga kabupaten dan kota yang berdekatan dengan Dharmasraya.

Kemudian menyikapi kondisi perkembangan Covid-19 saat ini, Pemkab Dharmasraya memperketat arus keluar masuk ke daerah tersebut. Petugas di perbatasan ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh orang yang hendak masuk ke Dharmasraya yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

Selain itu, Pemkab juga melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum sepanjang jalan lintas Sumatera, terutama masjid serta SPBU. Dharmasraya merupakan jalan lintas Sumatera sehingga kendaraan keluar masuk di daerah ini cukup banyak. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus