Situs Portal Berita Riau
bintang florist
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus UtamaPemkab Inhil Siap Bantu Proses Pemekaran Inhil Selatan

Rabu, 16 Januari 2013 - 08:30:10 WIB
Pemkab Inhil Siap Bantu Proses Pemekaran Inhil SelatanTEMBILAHAN-Sekretaris Kabupaten Inhil, Alimuddin RM mengatakan, Pemkab Inhil siap membantu proses pemekaran Indragiri Hilir Selatan atau Insel untuk segera melepaskan diri dari kabupaten induk. Saat ini, proses pemekaran Insel telah berada di DPRD Riau dan masih dalam tahap pembahasan. Jika pemekaran Insel terwujud, maka pegawai negeri sipil yang saat ini mencapai 8.000 orang sebagian besar akan dipindahkan ke Kabupaten Insel guna mengatasi kemungkinan rentan kendali.

Terkait persoalan ibukota Insel, menurut Alimuddin, sudah disepakati di Kecamatan Kemuning. Bahkan dalam waktu dekat, sejumlah anggota DPRD Riau akan meninjau calon ibukota Insel tersebut. “Agar tidak menjadi polemik, kita berharap proses pemekaran Insel secepatnya di register ke Kemendagri untuk diteruskan ke DPR RI menjelang disahkan,” papar Alimuddin, Selasa (15/1).

Di tempat terpisah, Ketua Komisi I DPRD Inhil, M Arfah mengatakan, ditetapkannya Kemuning sebagai calon ibukota Insel sampai saat ini masih menjadi permasalahan, terutama terkait keputusan Gubernur, HM Rusli Zainal yang sampai sekarang belum dianggap sebuah sebuah keputusan, namun baru sebatas wacana.

”Memang, beberapa waktu lalu kita sudah mendapatkan kabar rencana DPRD Riau melakukan kunjungan ke Kecamatan Kemuning, calon ibukota Insel. Tapi sampai hari ini, kita belum mendapatkan konfirmasi kapan tanggal pastinya kunjungan tersebut,” kata Arfah.

Dikatakan, usulan pemekaran Insel setelah selesai dibahas di DPRD Riau akan disampaikan ke Kemendagri untuk diteruskan ke DPR. “Apapun hasilnya, barulah menjadi sebuah keputusan akhir, termasuk masalah letak ibukota," ujarnya. (oir)
Pemkab Inhil Siap Bantu Proses Pemekaran Inhil Selatan



Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus