Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Alek Demokrasi

Pemkab Inhu Lakukan Deteksi Dini Potensi Konflik Jelang Pilkada 2020

Kamis, 06 Februari 2020

Adri Bahar. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mulai melakukan deteksi dini potensi konflik menjelang pilkada 2020.

"Badan Kesbangpol Inhu sekarang mulai melakukan berbagai persiapan antisipasi potensi konflik di Pilkada Inhu tahun 2020," ujar Kesbangpol Inhu Adri Bahar kepada wartawan, Kamis (6/2/2020) di Pematangreba. 

Dikatakan, untuk mengahadapi Pilkada, Kesbangpol sudah menganalisa atau mendeteksi dini hambatan dan gangguan. Dimana beberapa kemungkinan potensi masalah yang mungkin muncul saat Pilkada Inhu tahun 2020 mulai didata dan melakukan upaya meminimalisir kemungkinan serta penanganannya.

Potensi masalah cukup menarik pertama adalah pasangan calon perseorangan. Bila KPU nanti menyatakan adanya pasangan perseorangan yang tidak memenuhi syarat dukungan sesuai aturan, tentu akan sangat potensi pasangan calon mengerahkan massa. Ini merupakan dampak dari kurang puasnya pasangan calon atas putusan KPU tersebut.

Kemudian, ketika penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati tidak ditetapkan menjadi pasangan calon, ini juga berpotensi memicu konflik. Selanjutnya, ketika logistik tidak sampai di tempat akibat geografis yang sulit ditempuh. 

"Hal ini juga menjadi bagian deteksi dini masalah. Karena persoalan ini bisa saja terjadi, mengingat kondisi geografis Inhu yang tak semua daerahnya bisa dengan mudah ditempuh. Ada beberapa daerah yang medanya sulit ditempuh," urainya. 

Ditambahkan, pada saat rekapitulasi perhitungan suara, baik tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) atau kabupaten juga menjadi bagian dari potensi masalah. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat tim yang telah terjadwal.

"Selain itu, kita akan berkoordinasi dengan KPU, TNI, Polri maupun Panwaslu sampai saat penetapan calon terpilih oleh KPU. Deteksi dini merupakan hasil rapat internal kita dan akan direalisasikan dengan membentuk tim," ujar Adri. (*)



Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus