Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Pemkab Kampar Batalkan Balimau Kasai, Sekdakab Minta Warga Ikuti Imbauan Pemerintah

Rabu, 08 April 2020

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

KAMPAR-Agenda tahunan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Kampar, Riau, yakni Balimau Kasai tahun ini dibatalkan. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Yusri saat memberikan sosialisasi di Kecamatan Perhentian Raja terkait Covid-19 kepada para camat dan kepala desa, Rabu (8/4/2020).

Balimau Kasai merupakan kegiatan turun temurun yang dilakukan masyarakat Kampar setiap bulan Ramadan tiba. Kegiatan itu dilakukan masyarakat dengan bermandi di Sungai Kampar membersihkan diri sehari jelang ibadah puasa dimulai.

Balimau Kasai setiap tahunnya juga didukung Pemerintah Kabupaten Kampar. Menurut Yusri, pembatalan acara tersebut tahun ini dilakukan untuk mencegah penyebaran masif wabah Covid-19 di Kampar.

Diingatkan juga masyarakat untuk tidak menggelar doa bersama menyambut bulan Ramadan yang akan mengundang banyak orang.

Menurut Yusri, seluruh masyarakat Kampar baik yang telah menjadi status Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun tidak, agar memahami seluruh imbauan dan langkah yang dilakukan pemerintah terkait pencegahan covid-19.

"Kampar saat memiliki penduduk hampir 1 juta penduduk, dimana masyarakatpun banyak mencari nafkah di luar kota dan luar negeri. Dalam waktu lebih kurang 50 hari tercatat lebih kurang 3 ribu masyarakat yang pulang dari luar daerah kampar saat ini," ungkapnya.

Yusri meminta masyarakat memahami seluruh imbauan pemerintah. Diingatkan kepada masyarakat untuk tidak malu melaporkan keluarga yang baru pulang dari luar daerah yang terjngkit Covid-19.

"Ini bukan aib, ini cobaan. Betul mati memang ditangan tuhan tapi kita harus menjaga. Kalau meninggal sendiri tidak apa, sudah dilarang kedaerah Covid-19 masih kesitu dan masih kerumunan artinya sama dengan bunuh diri,” ucapnya.

Ia menghimbau para camat, kepala desa untuk terus mengawasi daerah masing-masing. "Segera laporkan warga yang berpulang dari daerah terjangkit Covid-19 dan bila perlu bawak langsung ke posko gugus tugas Covid-19 di Taman Rekreasi Stanum Bangkinang," tukasnya. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus