Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Pemkab Lingga dan Tanjabtim Sepakati Pengelolaan Objek Wisata Pulau Berhala

Senin, 23 Oktober 2017

Penandatanganan MoU kerjasama Pemkab Lingga dan Tanjabtim. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

LINGGA-Pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi sepakat menjalin kerjasama pengembangan  pembangunan bagi kemajuan kedua derah bertetangga ini. 

Kerja sama meliputi pengembangan sektor insfastruktur, pariwisata, perikanan, pertanian dan holtikultura. Termasuk kerja sama dalam peningkatkan sarana dan prasarana insprastruktur dan pariwisata Pulau Berhala di Lingga.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangi Bupati Lingga H. Alias Wello dan Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Haryanto disaksikan Gubernur Jambi H Zumi Zola di Gedung DPRD Tanjung Jabung Timur, Muara Sabak, Jambi, Sabtu lalu.

“Pemkab Lingga dan Pemkab Tanjungjabung Timur sepakat menjalin kerja sama di berbagai bidang. MoUnya sudah ditanda tangani Bupati Lingga H. Alias Wello dengan Bupati Tanjung Timur saat bupati menghadiri peringatan HUT ke 18 Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Muara Sabak, Sabtulalu,” kata Plt. Kepala Bagian Humas Pemkab Lingga Sobirin kepada fokusriau.com, Senin (23/10/2017).

Bupati Lingga H Alias Wello mengatakan, penandatangan MoU merupkan komitmen kedua daerah dan akan saling mendukung berbagai program, mulai pariwisata, perikanan, kelautan dan holtikultura. “Tentunya kerja sama yang kita sepakati akan saling menguntungkan kedua daerah. Kami tentu terlebih dahulu menyiapkan anggaran yang dibutuhkan untuk melanjutkan kerjasama ini. Teknis kerjasama nanti akan dibicarakan setelah peringatan hari jadi Kabupaten Lingga, November mendatang,” kata Alias.

Dikatakan, tahap awal kerjasama yang akan dilakukan terfokus pada sektor pertanian dan perikanan. Kedua daerah akan terlebih dahulu mempelajari detail teknis kerjasama dan anggaran yang dibutuhkan. “Kami nantinya akan meminta petunjuk pada Bapak Wapres RI yang akan datang pada HUT Kabupaten Lingga, bulan depan,” ujarnya.

Bupati Tanjang Jabung Timur H. Romi Hariyanto tidak menampik kerjasama bidang pariwisata terkait dengan Pulau Berhala. Namun bukan soal hukum keberadaan pulau tersebut yang sudah diputuskan pusat beberapa tahun lalu milik Kabupaten Lingga. “Kita akan bicara tentang pulau Berhala, tapi tidak dari sisi hukum administratif. Karena itu sudah selesai (sengketa Pulau Berhala). Sekarang kita bicara proyeksi kepentingan bersama yang tidak saling merugikan. Namun tentu saja hal itu bagian dari rangkaian kerjasama besar yang kita gagas bersama dengan pak Bupati Lingga,” ungkapnya. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus