Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Pemkab Rancang Perda Sampah, Plt Bupati Alfedri: Dua Kali Siak Raih Piala Adipura

Selasa, 13 Maret 2018

Siak segera membuat Perda tentang pengelolaan sampah. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak, Riau sekarang tengah merancang Peraturan Daerah (Perda) soal pengelolaan sampah. Ini sesuai dengan UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. 

Bahkan, Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya semakin menegaskan perlunya Perda Pengelolaan Sampah.

"Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, kita wajib menaati aturan yang ada dan menyampaikan kepada masyarakat," kata Plt Bupati Alfedri usai apel bersama di kantor bupati, Senin kemarin.

Kabupaten Siak, menurut Alfedri, sudah dua kali meraih piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk kategori kota kecil terbersih. Prestasi tersebut harus terus dipertahankan.

Alfedri mencontohkan, Kota Bandung yang sekarang sudah memiliki Perda tentang Sampah. "Alangkah baiknya apa yang dilakukan Pemko Bandung itu bisa dijadikan contoh di Siak yang selaras dengan misi menjadikan Siak sebagai kota tujuan wisata. Apalagi, setiap tahun jumlah penduduk di Siak terus meningkat," urai Alfedri."

Ditambahkan, Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLHK) dan Dinas PUPR bidang Pertamanan dan Kebersihan serta Bagian Umum untuk segera bekerjasama menciptakan regulasi tentang pengelolaan sampah tersebut.

Terakhir, Alfedri mengajak seluruh masyarakat bersama pemerintah, aktivis, komunitas, publik figur dan dunia usaha untuk bersama-sama mengkampanyekan gerakan peduli sampah. (satria donald)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus