Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Pemkab Rohil Terus Kembangkan Pasar Tradisional Menjadi Pasar Modern

Selasa, 04 Desember 2018

Bupati Suyatno berdialog dengan salah seorang pedagang. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

ROKAN HILIR-Keberadaan pasar tradisional, terutama pasar-pasar yang tergolong baru dan belum banyak dikenal masyarakat terus diperkenalkan Pemkab Rohil. Promosi tersebut memang harus terus dilakukan, agar program revitalisasi dan pembangunan pasar tradisional tidak menjadi sia-sia. 

Bahkan pemerintah akan menjadikan pasar tradisional sebagai pasar modern. Dinas Perindustrian dan Perdagangan berharap, pemerintah pusat membantu membangun ekonomi masyarakat daerah dengan merenovasi lokasi tempat transaksi perdagangan dan perindustrian di kabupaten. Pembangunan pasar sudah diusulkaan kepada Kementrian, seperti pembangunan pasar di Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (PLK). 

Selain itu di Kecamatan Bangko pembangunan Pasar Bagan Hulu dan Jalan Bintang, termasuk pasar Sungai Nyamuk di Kecamatan Sinaboi. Ada empat pasar yang diusulkan pembangunan pasar dengan alokasi miliaran rupiah dan kementrian telah menyetujui usulan daerah tersebut. Pembangunan pasar tersebut sangat digalakan presiden Jokowi, karena menyangkut kepentingan masyarakat di daerah.

Saat ini, daerah sudah tidak bisa berharap banyak dari Dana Bagi Hasil Minyak (DBH) yang diterima setiap tahun. Diprediksi, setiap tahunnya penerimaan dana bagi hasil terus merosot, akibatnya pembangunan masih banyak yang belum terialisasi. 

Disperindag sendiri terus mengejar dana-dana di Kementerian Perindustrian dan Perdagangan untuk mencapai target pembangunan di Rohil. Daerah harus tanggap dalam hal ini, untuk melobi sistem jumput bola Kejar anggaran dikementrian pusat untuk mencapai pembangunan daerah ini. 
 
 
Bupati Suyatno mengunjungi salah seorang pasar tradisional di Rohil.(Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
Pembangunan pasar yang diusulkan tersebut mualai dari tahun 2017 hingga 2018 sudah terlaksana merenovasi pasar-pasar didaerah kabupaten Rohil Anggaran yang cukup besar itu, termasuk juga didalamnya pembebasan lahan, pembuatan sumur bor serta fasilitas parkir kendraan bermotor.

Kemudian untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga akan melanjutkan pembangun pasar sentral oleh-oleh khas Rohil di Bundaran Jembatan Pedamaran.

Program kelanjutan pembangunan pasar sentral ini merupakan program yang sangat prioritas, disamping dapat menjadi lapangan kerja bagi masyarakat Rohil juga dapat menjadi tambahan pemasukan PAD bagi pemerintah Kabupaten Rohil. (advertorial/humas protokol)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus