Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Pemkab Rohul Realisasikan Pembagian KKPA PT Hutahean

Selasa, 22 Januari 2013


PASIR PENGARAYAN-Tuntutan warga Desa Teluk Sono dan Desa Muara Dilam  untuk memperoleh 10 persen lahan  kebun  yang dikelola PT Hutahean, kini mulai menemukan titik terang. Sebab, PT Hutahean sudah setuju untuk menyerahkan lahan tersebut kepada masyarakat.

Persetujuan tersebut dicapai setelah dilakukan pertemuan antara Komisi A DPRD Riau dengan manajemen PT Hutahean, Jumat lalu. Dimana dalam keputusan tersebut, pihak perusahaan bersedia menyerahkan lahan 10 persen kepada masyarakat di dua desa tersebut.

Untuk menindaklanjuti keputusan tersebut, Senin (21/1) kemarin, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Rokan Hulu, Ketua Komisi II DPRD Rokan Hulu, Kepala BPN, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Rohul, Camat Kunto Darussalam, Camat Bonai Darussalam, Polres Rokan Hulu dan kepala desa serta tokoh masyarakat di dua desa tersebut kemudian menggelar pertemuan di Aula Dinas Kehutanan Perkebunan Rokan Hulu kembali menggelar pertemuan.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah bersama instansi terkait sepakat untuk melakukan pengukuran ulang lahan 10 persen yang diserahkan kepada masyarakat sebelum dilakukan pembagiannya. Pengukuran ulang rencananya akan dilakukan, Rabu (24/1) besok dari total luas lahan 3.900 hektare milik perusahaan.

Dengan demikian, maka 390 hektare akan diserahkan kepada masyarakat Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam dan masyarakat Desa Teluk Sono, Kecamatan Bonai Darussalam. Namun untuk pembagian tersebut akan diserahkan kepada panitia lapangan yang telah dibentuk desa, karena Pemkab tidak punya kewenangan dalam pembagian lahan tersebut.

"Kita berusaha secepatnya untuk menyelesaikan permasalahan ini agar masyarakat bisa menerima lahan yang telah mereka perjuangkan selama ini, tetapi menjelang proses ini selesai kita masyarakat tetap bersabar," ujarnya.

Munif menambahkan, ketika pengukuran nanti dilakukan, Pemkab juga akan mengundang kepolisian untuk melakukan pengamanan di lokasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Pada saat pengukuran nanti kita juga minta pengamanan dari Polres Rokan Hulu untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan," ungkapnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus