Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Pemkab Siak Siapkan Pemandu Wisata Pintar Bahasa Inggris Untuk Wisatawan Mancanegara

Rabu, 11 Juli 2018

Wabup Alfedri bersama peserta pelatihan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak terus melakukan berbagai terbosan dalam memajukan sektor pariwisata. Ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke Siak. Salah satu program yang dilakukan pemerintah, melatih putra-putri di Kabupaten Siak menjadi pemandu wisata dan bersertifikat.

"Saat ini, wisatawan mancanegara sudah mulai banyak berkunjung ke Kabupaten Siak. Sementara pemandu wisata yang mayoritas dari anak muda ini sangat terbatas. Makanya, penting dilakukan pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata tersebut," kata Wakil Bupati Alfedri kala membuka pelatihan di Hotel Grand Royal, Rabu (11/7/2018).

Pada pelatihan itu, Alfedri mengingatkan seluruh calon pemandu wisata untuk terus melatih dan memfasihkan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari. "Ini sangat berguna untuk meningkatkan jejaring industri kepariwisataan di Siak. Wisatawan asing akan senang datang ke Siak bila mereka bisa mendapatkan cerita tentang sejarah negeri Istana Matahari Timur yang kaya akan wisata alam," ujar Alfedri.

Dikatakan, Kabupaten Siak sekarang sudah masuk destinasi wisata halal dan program Ikon (Inovasi, Kolaborasi Nasional). Dengan ini daerah akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada dan produk lokal juga akan dikembangkan.

Pelatihan pemandu wisata diikuti 30 orang peserta dari 10 kecamatan di Siak. "Peminatnya mencapai 102 orang. Tapi yang lulus seleksi hanya 30 orang. Selama seminggu ke depan, mereka akan mengikuti pelatihan dengan instruktur dari rumah guide Jogjakarta sebanyak lima orang," tukasnya. (*)




Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus