Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Segera Evaluasi Realisasi Serapan Anggaran Triwulan II

Jumat, 29 Juni 2018

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru dalam waktu dekat melakukan pembahasan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui serapan anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di triwulan kedua. 

Hasil pembahasan awal Mei lalu diketahui, realiasasi APBD masih di bawah 20 persen. Di mana realiasi fisik sekitar 13 persen, sedangkan keuangan 11,9 persen. Kondisi ini dikarenakan ada beberapa kendala yang dialami dalam pelaksanaan kegiatan di antaranya, permasalahan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) ‎yang mundur dari jabatannya.  

Kemudian pelaporan kegiatan yang belum terinput dengan baik dan OPD yang lambat memulai kegiatan pekerjaan, bahkan ada OPD yang telah menyusun format kegiatan tapi pelaksanaannya dilakukan usai hari raya. Sehingga mempengaruhi angka realisasi secara keseluruhan, meski ada beberapa OPD yang realisasinya di atas 50 persen. 

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kota Pekanbaru El Syabrina memperkirakan, evaluasi bersama OPD di Pemko Pekanbaru akan dilakukan dalam pekan ini. Rapat untuk mengetahui perkembangan realisasi anggaran serta penyelesaian permasalahan yang dialami OPD.  

“Kami akan agendakan rapat evaluasi tersebut dalam waktu dekat. Direncanakan pelaksanaannya menjelang akhir bulan atau awal bulan depan,” ungkap El Syabrina, Kamis (28/6/2018).

Mengenai realiasi APBD sampai sekarang, Elsyabrina mengaku, belum mengetahui secara pasti, karena rapat pembahasan belum dilakukan. Meski begitu dirinya berharap, angkanya mengalami peningkatan bila dibandingkan pada triwulan pertama lalu. “Triwulan pertama, realiasasi fisik 13 persen dan keuangan 11,9 persen. Kita harapkan ada peningkatan yang signifikan,” tambahnya. 

Kepada OPD, El Syabrina berharap segera menggesa seluruh pelaksanaan kegiatan yang telah dianggarkan. Hal ini agar daya serap APBD terus mengalami peningkatan. “Kami minta seluruh OPD menggesa pelaksanaan kegiatannya,” ujarnya. (*) 




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riaupos


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus