Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Pemprov Riau Siapkan Anggaran Penanggulangan Karhutla Rp60,85 Miliar

Selasa, 25 Februari 2020

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan anggaran Rp60,85 miliar melalui APBD Riau 2020 untuk mendukung upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sepanjang tahun 2020. 

"Anggaran itu salah satu kebijakan strategis pak Gubernur untuk pencegahan karhutla. Sebelumnya ada 13 kebijakan, kemudian terjadi penambahan anggaran menjadi 14 kebijakan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldy kepada wartawan, Selasa (25/2/2020) di Pekanbaru. 

Anggaran tersebut tidak terfokus di Dinas LHK Riau saja, tapi tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. "Kalau Dinas LHK Riau hanya sekitar Rp10 miliar. Sisanya ada di beberapa OPD untuk pencegahan sekaligus menanggulangan karhutla," terangnya.

Ervin menjelaskan, anggaran Rp10 miliar di Dinas LHK Riau sebagian besar diperuntukan untuk pengadaan mesin pompa air sebanyak 40 unit. 

"Pompa air yang kita beli memiliki spesifikasi mesin tinggi, satu paket komplit dengan selangnya hampir Rp150 juta. Kalau 40 unit berarti total anggaran untuk pengadaan sebesar Rp6 miliar," terangnya. 

Sementara itu, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger membenarkan adanya anggaran Rp60 miliar untuk pencegahan dan penanggulangan karhutla tahun 2020. "Tapi anggaran itu tersebar di beberapa OPD, kalau di BPBD saya tidak ingat rinciannya, salah satunya untuk pembentukan 12 desa tangguh bencana sebesar Rp1,5 miliar," katanya. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Mcr


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus