Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Pengacara Setnov: Kan Jelas, Gamawan Fauzi Terima Apa!

Jumat, 12 Januari 2018

Gamawan Fauzi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA-Pengacara Setya Novanto Maqdir Ismail yang terjerat kasus korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (KTP-el) yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun, tak menampik bahwa mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi turut terlibat dalam kasus yang membelit kliennya ini. Maqdir mengatakan nama Gamawan tertera dalam sejumlah dakwaan.

"Menyangkut Pak Gamawan kan ada dalam dakwaan Irman dan Sugiharto. Sudah jelas beliau terima apa. Dalam dakwaan Andi Narogong berkurang terimanya dan dalam dakwaan Novanto juga terima uang dan tanah dan ruko. Saya kira kami tak bermaksud menyeret itu. Mari kita lihat proporsional permasalahan ini. Kan bukan Ketua Fraksi Golkar yang ingin proyek ini. Jangan lupa, ini adalah projek pemerintah," kata Maqdir di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis semalam.

Pandangan Maqdir sekaligus menguatkan pernyataan kuasa hukum Novanto lainnya, Firman Wijaya. Dia meyakini masih ada aktor besar dalam kasus ini. "Yang jelas saya melihat peran Pak Novanto tidak dalam posisi yang sangat berpengaruh dalam ini. Karena soal penganggaran, perencanaaannya sudah dirancang jauh dan itu ada lembaganya, ada instansinya. Kita lihat siapa inisiator proyek KTP-el ini," ujar Firman.

Saat ditanya apakah aktor tersebut adalah Gamawan Fauzi selaku menteri Dalam Negeri saat itu, Firman tidak menjawab secara gamblang. "Ya, kita kan tidak bisa berspekulasi. Tapi kita lihat saja. Kalau posisi yang lebih besar itu jabatan-jabatan yang berpengaruh di negeri ini ya mungkin saja. Tapi kita tunggu pembuktiannya," ungkap Firman sebagaimana dilansir FokusRiau.Com dari republika.co.id.

Firman berharap pengajuan justice collaborator akan membawa keadilan bagi kliennya, terutama terkait nama-nama yang hilang dalam dakwaan Novanto. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus