Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Pengadilan Tipikor Gelar Sidang Perdana Kasus e-KTP Setya Novanto Rabu Depan

Kamis, 07 Desember 2017

Setya Novanto usai menjalani pemeriksaan beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

JAKARTA-Sidang perdana terhadap Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi pengadaan KTP Elektronik (e-KTP), akan dilaksanakan pada Rabu (13/12/2017) pekan depan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Kepala Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Ibnu Basuki menerangkan, jadwal persidangan telah ditandatangani oleh Ketua Pengadilan Tipikor. Jadwal itu juga telah diberitahukan kepada pihak terkait, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sidang pembacaan dakwaan akan dimulai Rabu pekan depan," ujar Ibnu Basuki, Kamis (7/12/2017) sebagaimana dilansir fokusriau.com dari kompas.com.

Sebelumnya, Rabu kemarin jaksa KPK telah melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan kepada Pengadilan Tipikor. Setya Novanto disebut melanggar pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Setya Novanto sendiri telah dua kali ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Pertama pada 17 Juni 2017 lalu, Hakim Praperadilan memenangkan Novanto dan status tersangka pun gugur. 

Untuk keduakalinya KPK menetapkan kembali status tersangka terhadap Novanto pada 10 November lalu. Kuasa Hukum Novanto pun kembali mengajukan pra peradilan.(andi affandi)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus