Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
citilink
Fokus PendidikanPenyaluran Dana BOS Triwulan II Tuntas

Selasa, 17 April 2012 - 21:19:47 WIB



PEKANBARU-Janji Dinas Pendidikan Provinsi Riau untuk menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan II pertengahan April ini akhirnya terealisasi. Sekarang, dana BOS sudah selesai disalurkan ke seluruh sekolah yang berhak menerima.

"Alokasi dana BOS triwulan II sudah disalurkan dan telah diterima sekolah-sekolah yang berhak menerima. Penyalurannya bahkan sudah selesai sejak pekan lalu," ujar 
Kordinator Dana BOS Provinsi Riau, Dra Dewi Riyawati Andamari, Selasa (17/4).

Dijelaskan, sesuai jadwal Riau termasuk dalam peringkat 19 nasional yang telah menuntaskan penyaluran dana BOS triwulan II. Berdasarkan jadwal, penyaluran BOS triwulan ke II paling lambat tanggal 16 April 2012, tapi Disdik Riau dapat menyalurkan lebih cepat. Sampai saat ini, pihaknya belum menerima pengaduan apapun terkait kendala-kendala saat menyalurkan dana BOS ke daerah-daerah. 

Khusus bagi sekolah yang baru melakukan pendaftaran sebagai penerima dana BOS, penyalurannya baru dapat dilaksanakan setelah keluar Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Lalu untuk kekurangan dana lebih salur yang terjadi pada tahap I belum bisa dicairkan pada tahap II. Karena sesuai petunjuk pemerintah pusat, penyalurannya baru dapat dilakukan bersamaan dengan penyaluran dana BOS pada triwulan IV. 

Disdik Riau mencatat, total dana BOS yang berada di kas daerah Rp153.570.695.000. Dana itu disalurkan langsung ke setiap sekolah penerima lewat rekening bank yang terdaftar di Disdik. Sesuai petunjuk teknis (juknis) BOS 2012, dari total dana BOS tahap kedua sebanyak Rp113.902.285.000 akan diperuntukkan bagi 785.533 siswa Sekolah Dasar. Sementara Rp39.668.410.000 lagi akan diberikan kepada 223.484 siswa SMP. Untuk sekolah penerima BOS di Riau sebanyak 4.404 sekolah. (sup)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus