Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Peran Penting Dishub Dumai Dalam Mensukseskan MTQ Riau Tingkat Provinsi ke 36

Selasa, 12 Desember 2017

Marjohan mengikuti rapat persiapan MTQ di Sekretariat bersama Sekdako. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Kesuksesan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke 36 tak terlepas dari peran besar Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai. Sebelumnya, Pemko secara maksimal sudah melakukan persiapan dengan baik, terutama menyangkut transportasi peserta, dewan hakim dan unsur terkait lainnya.

Adalah Dinas Perhubungan yang menjadi penanggungjawab soal transportasi sepanjang perhelatan MTQ Provinsi ke 36 yang berlangsung delapan hari tersebut, 9-16 Desember 2017.

Selama perlombaan, Dinas Perhubungan tak henti hentinya mengatur ritme transportasi peserta dan panitia agar semua berjalan sesuai harapan. Dinas Perhubungan menerjunkan 13 personil untuk membantu proses mengantar jemput peserta dan dewan hakim dari penginapan menuju lokasi perlombaan pulang pergi.

Sedangkan kendaraan yang disiapkan ada 19 unit, terdiri dari tiga unit bus dan 16 mobil milik kepala dinas Pemko Dumai. “Tiga unit Bus yang telah kita siapkan untuk mengantar jemput dewan hakim dari penginapan sampai ke lokasi perlombaan. Sedangkan 16 unit mobil kepala dinas yang dipinjamkan untuk mengantar jemput para peserta/qori dan qoriah,” ungkap H Marjohan, Wakil Ketua Bidang Transportasi dan Parkir MTQ Provinsi Riau ke 36 kepada wartawan, kemarin.
 
 
Marjohan, Wakil Ketua Bidang Transportasi dan Parkir MTQ Provinsi Riau ke 36. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com) 
 
Dikatakan, untuk bus dibantu seorang sopir dan satu personil Dinas Perhubungan. Dimana setiap bus ditugaskan sebagai LO atau penunjuk jalan. Sedangkan untuk sopir peserta MTQ sebagian personil Dishub dan dibantu sopir dari dinas kendaraan yang dipergunakan.

“Alhamdulillah dari awal kegiatan MTQ sampai perlombaan berlangsung, belum ada kendala berarti yang kita temui, khususnya bidang Transportasi. Kalaupun ada kendala, itu hal yang bersifat kecil dan merupakan situasi dan kondisi dilapangan dan bagi kita bukan merupakan kendala. Jadi, sejauh ini semuanya masih berjalan lancar,” ungkap Kepala Bidang Angkutan dan Sarana Dishub Dumai tersebut.

Diterangkan, sebagai penanggungjawab transportasi, pihaknya tidak hanya bertugas di dalam kota, karena pada persipan pertama, Dinas Perhubungan juga melakukan penjemputan para Dewan Hakim ke Kota Pekanbaru.

“Sebelum acara MTQ berlangsung kita juga sudah melaksanakan tugas yakni menjemput para Dewan Hakim ke Kota Pekanbaru dengan total 192 orang. Penjemputan para Dewan Hakim ini menggunakan enam bus dan mendapatkan pengawalan dari Polres Dumai,” terangnya.

Kemudian, pada kegiatan Pawai Ta’aruf, pihaknya juga mempersiapkan delapan bus untuk menjemput para kafilah dari tempat penginapan ke tempat pawai. Ditambah dengan mobil kepala dinas sebanyak 16 mobil. “Dilanjutkan pada malam pembukaan, kita juga mempersiapkan dua Bus Pertamina untuk menjemput para tamu VVIP, empat bus untuk menjemput para dewan hakim dan ditambah dengan mobil kepala dinas sebabyak 16 unit,” ulasnya.
 
 
Bus transportasi yang dipergunakan untuk antar jemput Dewan Hakim. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)
 
Marjohan menambahkan, beberapa tempat perlombaan MTQ Provinsi Riau tahun 2017 yang berlangsung di Dumai, adalah Tartil Qur’an di Masjid Taqwa JL. Jendral Sudirman, Qira’ah Saba’ah Murottal Remaja dan Dewasa di Masjid Baiturrahman JL. Marlan Jaya, Tilawah Anak, Remaja, Dewasa serta Qira’ah Dewasa di astaka utama JL Soebrantas.

Hifzhil Qur’an 1 dan 5 Juz di Mesjid Habiburrahman JL. HR Soebrantas,  10, 20 dan 30 Juz di Mesjid Almuhajirin Komp. Pertamina Bukit Datuk. Tafsir Qur’an (B. Inggris, Arab dan Indonesia) di Mesjid H. Hasan Basri JL. Soekarno – Hatta.

Syarhil Qur’an di Gedung Sri Bunga Tanjung JL. Putri Tujuh, Fahmil Qur’an di Gedung Serbaguna JL. HR Soebrantas, Khatil Qur’an di Gedung LAMR JL. Putri Tujuh dan M2IQ di Gedung STIA Lancang Kuning JL. Gunung Merapi/Gunung Bromo.

“ Jadi tugas kita mengantar dan menjemput para dewan hakim serta peserta MTQ Provinsi Riau ke 36 dari penginapan ke tempat – tempat perlombaan yang telah disebutkan di atas,” tukasnya. (advetorial Dishub Dumai)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus