Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Perda Direvisi, DPRD Minta Bapenda Serius Tangani Pajak PJU di Pekanbaru

Jumat, 07 September 2018

Ilustrasi penerangan jalan umum. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU) segera direvisi. Untuk itu, DPRD Pekanbaru meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk serius menangani Perda tersebut nantinya.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST, Jumat (7/9/2018). Menurut Sigit, pembahasan Rancangan Perda (Ranperda) soal revisi atas Perda Nomor 3 Tahun 2011 tentang PJU dimulai pekan depan, bersamaaan dengan tiga Ranperda lainnya.

"Sebelum Ranperda disahkan, kami meminta Bapenda menyiapkan sumber daya manusia untuk pajak PJU tersebut. Alasan merevisi Ranperda PJU, karena potensi pajaknya sangat besar. Berapa jumlah PJU yang ada, harus seimbang dengan pajak yang harus diterima. Makanya akan diperkuat dalam draf Perda ini nanti," urai Sigit.

Sigit menambahkan, pihaknya meminta Pemko Pekanbaru segera menyiapkan tim yang benar-benar memiliki skil dan kemampuan untuk pajak PJU ini. Tujuannya, agar kondisi di lapangan sesuai dengan dana masuk ke kas daerah.

"Mulai sekarang sudah bisa disiapkan. Sebab kita di DPRD menargetkan tahun ini Ranperda PJU sudah disahkan. Dengan demikian, tahun depan sudah bisa diterapkan, sehingga pajaknya bisa menggenjot PAD. Tapi itu tadi, tim yang disiapkan harus benar-benar mumpuni," katanya.

Pekan depan, DPRD membentuk Pansus Ranperda PJU bersama tiga Ranperda lainnya. Setelah Pansus dibentuk, pembahasan akan dilakukan secara intens sampai ketuk palu Ranperda menjadi Perda Kota Pekanbaru.

"Kita yakin, potensi pajak PJU ini akan naik signifikan setelah revisi Perda disahkan. Kalau sekarang hanya didapatkan Rp 8 miliar, bisa jadi tahun depan naik Rp 10 miliar sebulan, bahkan lebih. Tentunya ini diketahui setelah diketahui jumlah pasti PJU, terutama seluruhnya harus dimeterisasi," tukasnya.

Bapenda Pekanbaru masih menghitung jumlah pasti PJU yang ada di kota ini, penghitungan ini akan disingkronkan dengan data yang ada di PLN.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer MBS mengatakan, pihaknya akan melakukan meterisasi semua PJU yang ada di Kota Pekanbaru. "Sudah pasti kita meterisasi semua, karena dari situ akan ketahuan jumlah pemakaian dan pajak yang harus diterima," ujarnya. (*)
 
 
 



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus