Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohul

Peringatan Harlah, Bupati Rohul Ajak Generasi Muda Memahami‎ Makna Pancasila

Minggu, 02 Juni 2019

Bupati Sukiman jadi inspektur upacara Harlah Pancasila. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

ROKAN HULU-Bupati Sukiman mengajak seluruh generasi muda untuk memahami makna Pancasila. Ajakan itu disampaikan Bupati Sukiman saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila dengan tema "Kita Indonesia Kita Pancasila" dan hastag #BULANPANCASILA2019‎ di lapangan kantor Bupati Rokan Hulu di Pasirpangaraian, Sabtu (1/6/2019).

Upacara dipimpin Camat Kabun Anang Putra‎ dan diikuti personel TNI dan Polri, Satpol PP serta pegawai‎ Pemkab Rokan Hulu dengan Inspektur upacara Bupati Sukiman. ‎Hadir juga Kapolres AKBP M. Hasyim Risahondua, Dandim 0313/KPR diwakili Danramil 02/Rambah Kapten (Inf) Junaedi, Sekretaris Daerah Abdul Haris, Danramil dan pejabat Pemkab Rokan Hulu.

Bupati Sukiman mengatakan, ‎Pancasila lahir pada 1 Juni 19945 dan merupakan dasar negara Indonesia dan sebagai pandangan hidup bangsa. Karena sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, maka generasi muda di Kabupaten Rokan Hulu diharapkan Bupati Sukiman mengetahui makna dari Pancasila.

"Maka setiap saya kunjungan kerja ke sekolah-sekolah saya tanyakan soal Pancasila ini. Tujuannya adalah agar generasi bangsa‎ ini memahami perlunya Pancasila itu dihafal, dimengerti dan diamalkan di kehidupan sehari-hari," pesan bupati.

Diungkapkan, dalam Pancasila tertuang bahwa Indonesia punya beragam suku, ras dan golongan, mulai dari Sabang sampai Merauke. Meski berbeda-beda namun tetap satu di bawah Bhineka Tunggal Ika. "Karena itu, saya tekankan‎ kepada generasi muda untuk memahami tentang Pancasila dan mengamalkan dalam berbangsa dan bernegara," katanya.

Soal masih banyaknya generasi muda yang belum memahami Pancasila, menurut Bupati Sukiman, harus diterapkan lebih intens lagi, tetutama di dunia pendidikan atau di sekolah-sekolah. "Dulu itu setiap mau masuk tentara, mau masuk PNS, mau masuk apa saja ya mesti ditanyakan tentang P4 (Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila),"‎ ujarnya. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus