Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Peringati Hari HIV/AIDS Sedunia, Alfedri: 164 Orang di Siak Kini Tertular!

Sabtu, 09 Desember 2017

Wabup Alfedri mengikuti senam Dance 4 Life. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Peringatan Hari HIV/AIDS sedunia di halaman Kantor Lurah Kandis, Kabupaten Siak diisi dengan senam Dance 4 Life yang diikuti Organsasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Siak, TNI, pelajar dan ribuan masyarakat Kandis. Peringatan Hari AIDS sedunia tahun ini mengusung tema Saya Berani, Saya Sehat.

“Ini merupakan bentuk solidaritas dari pemerintah dan tim Pasukan,” kata Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Siak Alfedri usai penandatanganan Komitmen Bersama Tentang Penanggulangan HIV/AIDS sedunia Usaha/Perusahaan/Tempat Kerja dengan beberapa perusahaan, Sabtu (9/12/2017).

Ribuan peserta mengikuti senam Dance 4 Life dengan antusias didampingi instruktur. Menurut Alfedri, selama 29 tahun terakhir, jumlah mereka yang tertular HIV/AIDS di dunia mencapai 36 juta orang. Untuk Indonesia ada 276.000 orang dan di Kabupaten Siak sendiri terdapat 164 orang tertular. 

Dengan jumlah tersebut menempatkan Siak di posisi enam dari 12 kabupaten/kota yang ada di Riau. Menurut Alfedri, seluruh kecamatan di Siak dari data yang ada memiliki suspect virus HIV. Dimana ibu rumah tangga, Pekerja Seks Komersial (PSK) dan pekerja swasta bahkan balita 4 tahun menjadi korban penyakit mematikan tersebut.

"Barangkali dengan kita memperingati Hari HIV/AIDS sedunia bisa membangun kesadaran individu, kelompok dan sosial dan bersama mengendalikan penularan HIV/AIDS. Yang penting, kita tunjukkan solidaritas kepada yang tertular dan masih bertahan hidup. Jangan kita musuhi orangnya, tapi penyakitnya," ujarnya.

Ditambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan seluruh peserta dapat menyebarluaskan dan bersama mencegah virus HIV/AIDS. Sehingga ke depannya jumlah penderita HIV/AIDS akan semakin berkurang sesuai target Internasional tahun 2030 zero HIV/AIDS.

Acara juga dibarengi dengan Jalan santai setelah usai senam Dance 4 Life sejauh 2 KM dan pembagian doorprize, sekaligus peresmian sekretariat PASI (Persatuan Atlet Seluruh Indonesia) Kandis. Alfedri berharap, bertambahnya fasilitas PASI bisa melahirkan atlit atlit daerah yang mendunia kedepannya. (adi fadhilahi akbar)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus