Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Petani Desa Redang Inhu Butuh Mesin Pompa Air dan Pembangunan Tanggul

Kamis, 11 Oktober 2018

Maslah didampingi Ripii saat panen raya. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Petani di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau kini sangat membutuhkan pembangunan tanggul, saluran air dan bantuan mesin pompa dari Pemkab Inhu. Setidaknya, dibutuhkan sekitar 200 batang pipa dengan diameter 4 inci untuk menyalurkan air ke lahan mereka.

"Selain itu, kami juga membutuhkan tanggul di sekeliling areal persawahan yang memiliki luas 65 hektare demi mengantisipasi bencana banjir. Sebab, banjir merupakan kejadian menakutkan bagi petani. Sebab bisa membuat petani gagal panen," ujar Ketua Kelompok Tani Bringin Jaya Maslah didampingi Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya Ripii kepada FokusRiau.com saat panen raya, Kamis (11/10/2018).

Dikatakan, permintaan bantuan pipa dan mesin pompa untuk saluran air dari Sungai Kuantan saat musim kemarau sangat penting. Karena saat musim kemarau, sumber air ke sawah sama sekali tidak ada

Bila kekeringan melanda, tentunya akan mengurangi produksi padi sawah dan saat musim hujan padi akan terendam banjir, seperti kejadian tahun 2017 lalu. "Sawah ini dikelola petani sejak tahun 2013. Kami sering mengalami banjir dan berdampak pada pengurangan produksi padi. Dimana rata-rata produksi padi bila kondisi normal mencapai 6,8 ton perhektare," ujarnya.

Untuk meningkatkan produksi padi, Maslah berharap, instansi terkait merealisasikan pembangunan sarana prasarana pertanian. Karena lahan sawah di Desa Redang dengan luas 65 hektare ini sangat potensial untuk diembangkan bagi tujuan swasembada beras dan kesejahteraan petani. (*)






Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus