Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Petugas KPPBC Pekanbaru Gagalkan Peredaran 1,1 Juta Batang Rokok Ilegal

Selasa, 30 April 2019

Bea Cukai Pekanbaru amankan rokok ilegal. (Foto:Tribunpekanbaru)

PEKANBARU-Petugas Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Pekanbaru berhasil menggagalkan peredaran jutaan batang rokok ilegal. Dalam operasi penindakan yang digelar petugas Bea Cukai Pekanbaru ini, diamankan truk ekspedisi yang membawa rokok ilegal tersebut.

Informasi yang dirangkum menyebut, total ada sekitar 1.100.000 batang rokok ilegal yang disita petugas. Operasi penindakan dilakukan pada 28 dan 29 April 2019 dari dua lokasi berbeda.

Lokasi pertama ada di daerah Pelalawan dan lokasi kedua ada di daerah Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak. Adapun modusnya, oleh pelaku 1 juta lebih batang rokok itu dititipkan di dalam truk ekspedisi dari Jakarta menuju Medan.

Rokok ilegal tersebut dititipkan, saat truk ekspedisi melintas di daerah Indragiri Hilir. Namun ternyata upaya penyelundupan tersebut, berhasil diketahui petugas. Sampai akhirnya rokok-rokok ilegal tersebut berhasil ditegah dan diamankan.

Selain barang bukti truk dan rokok ilegal, sejumlah orang juga diamankan ke Kantor Bea Cukai Pekanbaru guna dimintai keterangannya terkait hal ini.

Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B Pekanbaru, AG Aryani, Selasa (30/4/2019) membenarkan perihal adanya operasi penindakan tersebut. "Betul kami ada penindakan rokok ilegal, tapi masih dalam tahap pemeriksaan oleh Bea Cukai Pekanbaru," ujarnya.

"Mohon maaf belum bisa banyak memberikan keterangan," lanjut dia lagi.

Sejauh ini, belum diketahui pasti berapa orang yang diamankan dan diperiksa serta apa perannya dalam kasus tersebut. Begitu pula dengan kronologi lengkap penindakan ini, AG Aryani belum mau membeberkan.

Termasuk nilai kerugian negara terkait adanya aksi penyelundupan rokok-rokok ilegal tersebut, juga belum diketahui. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus