Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Pilkada Serentak Berakhir, Peta Koalisi Capres tak Akan Banyak Berubah

Senin, 02 Juli 2018

Peta capres 2019 tak akan banyak berubah. (Foto:Kumparan.com)

JAKARTA-Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 22 Juni 2018 telah berakhir. Kini, sejumlah partai politik mulai menatap pemilu dan pilres yang akan berlangsung secara bersamaan. 

Menjelang Pilpres, sejauh ini ada dua nama saja yang menguat dan dinilai siap bertarung merebut kursi RI 1. Meski muncul wacana pembentukan poros ketiga, namun sepertinya peta koalisi capres tak akan berubah dan hanya akan mengulang pertarungan lima tahun lalu antara Jokowi dan Prabowo Subianto.

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengatakan, peta koalisi pendukung calon presiden sepertinya memang tidak akan banyak berubah setelah Pilkada serentak. Partai yang menyatakan bagian dari pemerintah dan oposisi akan punya kalkulasi capres dan cenderung tidak sesuai dengan hasil pilkada.

“Mengabaikan hasil pilkada jelas bukan sesuatu yang bijak, tetapi menjadikan hasil pilkada sebagai tolak ukur yang final, saya kira juga sama tidak bijaknya,” kata Firman kepada wartawan, Minggu (1/7/2018).

Partai seperti Nasdem dan PAN yang kandidat kepala daerahnya banyak meraih kemenangan tetap membutuhkan koalisi untuk memenuhi syarat capres 20 persen kursi di parlemen. Selain itu, dia tidak melihat Nasdem akan membuat poros baru, karena akan tetap ke Jokowi. 

Sedangkan PAN walaupun sempat memunculkan wacana Amien Rais capres tetap membutuhkan koalisi. Termasuk jika Demokrat yang akan membuat poros ketiga membutuhkan koalisi untuk melengkapi syarat 20 persen. “Apakah dari pilkada kemarin mudah membuat PKS dan Gerindra berputus asa dan berpisah. Saya kira itu tidak mungkin semudah itu," tukasnya. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika.co.id


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus