Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Pleno KPU Riau Tetapkan 3.723.564 Pemilih Tetap di Pemilu 2019

Jumat, 31 Agustus 2018

Ketua KPU Riau Nurhaimin menyerahkan DPT ke Bawaslu. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-KPU Riau telah menggelar rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2019, Kamis kemarin. Data tersebut dirangkum dari hasil pleno KPU di tingkat kabupaten/kota di Riau.

"Dari hasil rekap kita, DPT untuk pemilu mendatang sebanyak 3.723.564 pemilih," kata Ketua KPU Riau Nurhamin, Jumat (31/8/2018).

Diakui, DPT tersebut masih terdapat data ganda. Hal ini diakui, karena Bawaslu Riau memberikan catatan ada 9.000 lebih data yang ganda pada DPT tersebut. Untuk itu, mulai hari ini KPU akan mengerahkan jajarannya tingkat kecamatan dan kelurahan untuk melakukan verifikasi.

"Kita akan cocokkan pemilih yang akan dihapus ini. Kemudian kita sampaikan juga ke KPU RI agar bisa dihapus juga di Sidalih," ujar Nurhamin.

Untuk melakukan penghapusan DPT ganda, menurut Nurhamin, pihaknya tidak bisa serta merta menghapusnya lewat komputer. Harus ada pengecekan langsung kepada yang bersangkutan supaya diketahui di TPS mana data mereka dihapus.

"Misalnya ada dua orang yang datanya identik. Kemudian untuk menghapusnya, tentu kita harus tahu di mana dia tinggal. Jangan nanti dihapus di TPS A ternyata dia tinggal di TPS A," ujar Nurhamin.

Nurhamin menargetkan, verifikasi data ganda bisa diselesaikan dalam wakti tujuh hari. Proses tersebut saat ini masih terus berjalan agar data pemilih tahun 2019 nanti benar-benar akurat. (*)




Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Cakaplah


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus