Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgubri KPU Rohul, Syamsuar-Edy Nasution Unggul

Rabu, 04 Juli 2018

Rapat pleno KPU Rohul. (Foto:Rtc)

ROKAN HULU-‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rohul telah menyelesaikan rapat pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgubri dari seluruh kecamatan. Rapat pleno terbuka belangsung di Sapadia Hotel Pasirpangaraian, Rabu siang.

Rapat pleno kemudian mengumumkan pasangan nomor urut 1 Syamsuar-Edy Nasution sebagai pemenang dengan perolehan 69.946 suara disusul pasangan nomor urut 4 Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno dengan 61.794 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto meraih 26.552 suara dan pasangan‎ nomor urut 3 Firdaus-Rusli memperoleh 21.062 suara.‎

Berdasarkan berita acara dibacakan Ketua KPU Rohul Fahrizal ST, MT,‎ total suara sah 179.354 suara, suara tidak sah 3.745 suara total suara sah dan suara tidak sah 183.099 suara. Untuk total pemilih di Kabupaten Rohul 310.627 pemilih, terdiri pemilih laki-laki 157.756‎ orang, sedangkan pemilih perempuan 152.871 orang.

Fahrizal mengaku, pelaksanaan Pilgubri 2018 di Kabupaten Rohul berjalan lancar, aman dan sukses. Dari pleno rekapitulasi tidak ada sanggahan, dan perbedaan hasil‎. "Semuanya sesuai dengan apa yang ada di Panwas kabupaten (Rohul), sesuai juga yang ada di saksi‎. Hingga berakhirnya rapat pleno, dari seluruh yang hadir juga tidak ada menyampaikan sanggahan," ungkap Fahrizal.

Ditanya berapa persentase tingkat partisipasi pemilih, menurut Fahrizal, dari kalkulasi sekira 60 persen. Ada beberapa faktor persentase tingkat pemilih di Pilgubri, namun ia menilai tingkat keterlibatan pemilih di Riau masuk kategori baik.

Saat pemilihan legislatif atau Pemilihan Bupati, diperkirakan Fahrizal, tingkat persentase pemilih di pesta demokrasi bisa saja lebih tinggi. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Riauterkini


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus