Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Galeri Foto

PLTS Kampung Bencah Umbai Diresmikan, Plt Bupati Alfedri: Semoga Bermanfaat!

Kamis, 05 April 2018


SIAK-Raut wajah bahagia terpancar jelas dari wajah masyarakat Kampung Bencah Umbai, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau saat Pembangkit Listrik Tenaga Surya diresmikan Direktur Renbang Insfrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad, Kamis (5/4/2018). 

"Kita patut bersyukur atas apa yang telah dibangun pemerintah untuk kita bersama. Semoga dengan diresmikannya PLTS ini akan memberikan manfaat postif untuk kita semua," kata Plt Bupati Siak Alfedri usai peresmian.

Dikatakan, saat ini Pemkab Siak telah melaksanakan Program Linmar dengan bantuan dana CSR PT BSP dan Baznas Siak. Program tersebut melibatkan tiga kampung, yakni Teluk Lancang, Teluk Lanus dan Kampung Bencah Umbai. 

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan energi berkeadilan melalui penigkatan rasio elektrifikasi, sekaligus percepatan pembangunan energi terbarukan, Kementrian ESDM melalui Ditjen EBTKE telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang berpusat di beberapa daerah di Indonesia. Di antaranya satu unit PLTS di Kabupaten Siak, tepatnya di Kampung Bencah Umbai dengan daya terpasang 50 Kwp. 

"Semoga upaya membuka akses listrik seluas-luasnya bagi masyarakat ini berdampak baik. Sehingga, ke depan tidak ada lagi kampung yang tidak dialiri listrik di Siak dan masyarakat bisa hidup layak serta bisa megelola dan merencanakan kehidupannya di masa datang. Yang terpenting, anak-anak kita dapat belajar nyaman pada malam hari di rumah," papar Alfedri. 

Direktur Renbang Insfrastruktur EBTKE Noor Arifin Muhammad berharap, PLTS bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selama ini, listrik di Kampung Bencah Umbai hanya hidup 3-4 jam saja. Sekarang dengan adanya PLTS, masyarakat bisa menikmati listrik seharian penuh.

"Semoga dengan PLTS ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap listrik. Saya berharap, masyarakat bisa menjaga PLTS dengan sebaik-baiknya," harapnya sembari menyebutkan, satu rumah mendapatkan 600 kwh. (satria donald)
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri bersama Direktur Renbang Insfrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad ke lokasi acara. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 

 
Plt Bupati Siak Alfedri memberikan sambutan. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)  
 
 
Direktur Renbang Insfrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad didampingi Plt Bupati Siak Alfedri memotong pita peresmian. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)  
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri menyaksikan Direktur Renbang Insfrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad menandatangani peresmian. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 
 
 
Plt Bupati Siak Alfedri bersama Direktur Renbang Insfrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad menyaksikan alat pembangkit listrik. (Foto:Humas/FokusRiau.Com) 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus