Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

PM Inhu-Pekanbaru Desak Disdukcapil Inhu Carikan Solusi Blangko KTP-el

Selasa, 15 Oktober 2019

Anggi Destriono. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Persatuan Mahasiswa Inhu-Pekanbaru mendesak Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Inhu segera mencari solusinya terhadap terbatasnya blangko KTP elektronik yang dikeluhkan masyarakat.

Ketua Umum PM Inhu-Pekanbaru Anggi Destriono kepada FokusRiau.Com, Selasa (15/10/2019) mengatakan, keluhan masyarakat terkait lambannya pembuatan KTP-el dengan alasan ketersediaan blangko sangat banyak.

Dari informasi yang diperoleh dari salah seorang masyarakat asal Kecamatan Seberida Fitri, soal pencetakan KTP-el, petugas mengaku tidak mengetahui kapan blangkonya ada.

Anggi menyebut, jangan sampai masyarakat Inhu diberikan ketidakpastian soa informasi ketersediaan blangko KTP.

"Kasihan kalau masyarakat yang tinggalnya jauh dari pusat pemerintahan. Mereka butuh waktu dan biaya besar untuk bolak-balik mengurus KTP-el. Boleh saja memprioritaskan pencetakan KTP-el bagi pemula, namun harus ditentukan sampai kapan pencetakan dilakukan bagi masyarakat lain," ujarnya. 

Kalau alasan blangko KTP-el terbatas, Anggi mendesak pemerintah segera menanggulanginya dengan cara pengajuan penambahan blangko secepatnya. "Persoalan ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat yang berakibat menurunnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah," tukasnya.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Inhu, Syaiful Bahri mengatakan, keterbatasan blangko bukan hanya menjadi masalah di Inhu, tapi nasional.

Agustus lalu, surat edaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri RI untuk kabupaten dan kota di seluruh Indonesia termasuk Inhu dengan nomor 471.13/6153/ Dukcapil menyebuttiga point, yakni pelayanan administrasi kependudukan meliputi jenis output, dokumen agar tetap berjalan seperti biasa.

Soa ketersediaan blangko KTP-el agar diprioritaskan untuk hal mendesak dan perekaman baru. Percetakan untuk pengganti KTP-el rusak, hilang, pengganti elemen data agar diterbitkan Suket.

"Karena terbatasnya blangko KTP-el saat ini, maka pencetakan KTP -el di prioritaskan untuk hal yang mendesak dan perekeman baru," tukasnya. (*)




Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus