Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Polda Riau Kawal Ketat Pemindahan Surat Suara dari TPS Menuju PPK

Jumat, 19 April 2019

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Ribuan anggota Polda Riau yang ditugaskan mengamankan rangkaian pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh wilayah Riau, sebagian besar masih terus bersiaga.

"Personel yang disebar di daerah belum ditarik. Ada yang masih melakukan pengamanan proses penghitungan suara di TPS, tetap melakukan pengawalan," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Jumat (19/4/2019).

Dikatakan, personel masih akan menempel (melakukan pengamanan melekat) guna mengamankan dan mengawal dokumen surat suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga sampai dan dikumpulkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Setelah itu, barulah mereka yang terlibat dalam Bawah Kendali Operasi (BKO) kembali ke Polres dan satuan masing-masing, menunggu instruksi selanjutnya. "Nanti tergantung Kapolresnya, apakah sudah dinilai aman atau bagaimana. Jika memang sudah aman baru anggota boleh kembali (pulang)," terang Sunarto.

Sejauh ini kendala yang ada hanya berkaitan dengan masalah geografis daerah. Kepolisian sudah jauh-jauh hari berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU dan jajaran sampai ke tingkat PPK dan PPS.

"Kendala atau kesulitan kita hanya masalah geografis, jarak. Yang jauh dan sulit kita dahulukan untuk berangkatnya (logistik dan perangkat Pemilu)," ucapnya.

Daerah yang sulit itu, menurut Sunarto, cukup banyak. Misalnya di Kabupaten Pelalawan dan Kuansing. 

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo sebelumnya sempat meninjau ke TPS di sejumlah daerah. Di antaranya Pelalawan, kemudian di Kabupaten Inhu. Tinjauan dilakukan sembalu patroli udara terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sunarto menyebut, ada juga tim khusus yang terdiri dari Perwira Pengamatan Wilayah (Pamatwil) juga sudah dibentuk dan disebar ke seluruh wilayah. "Jadi kita membentuk Pamatwil dan seluruh pejabat utama itu disebar, dibagi ke seluruh wilayah dalam rangka mem-back up wilayah. Seperti saya contohnya. Bersama Pak Karo Rena itu Pamatwil di Polres Pelalawan," tutur Sunarto.

"Wadir Krimum ke Dumai, Wadir Krimsus ke Tembilahan. Jadi semua disebar," imbuhnya.

Ditambahkan, untuk situasi di wilayah hukum Polda Riau dan jajaran, sejauh ini terbilang aman dan kondusif pasca penyelenggaraan Pemilu, Rabu (17/4/2019) lalu. "Aktifitas masyarakat sudah berjalan sebagaimana biasanya, tidak ada gangguan Kamtibmas berarti," tukasnya. (*)



 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus