Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Polda Riau Ungkap Kasus Ilegal Logging di Pelalawan, 52,8 Ton Kayu Olahan Diamankan

Kamis, 11 Oktober 2018

Kayu olahan hasil ilegal logging diamankan. (Foto:Tribunpekanbaru)

PEKANBARU-Direktorat Reserse Kriminal Khusus (DitresKrimsus) Polda Riau mengungkap dugaan pembalakan liar atau ilegal logging (Illog) di Kabupaten Pelalawan, Riau. Hasilnya, sebanyak 52,8 ton kayu olahan diamankan dari lokasi pembalakan di Kecamatan Kuala Kampar.

Untuk mencapai lokasinya tersebut memang terbilang jauh dari ibukota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci. Paling tidak untuk sampai ke lokasi menghabiswak waktu tujuh jam perjalanan darat dan perairan. Artinya, lokasi perambahan sangat jauh dari kawasan pemukiman.

"Polda Riau mengungkap kasus tindak pidana pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan atau Illog. Pengungkapan berlangsung Kamis (16/8/2018) lalu dan ada dua lokasi. Diamankan barang bukti 52,8 ton kayu berbagai jenis," ujar Kabid Humas Kombes Pol Sunarto didampingi Direktur Reskrimsus Kombes pol Gidion Arif Setiawan, Kamis (11/10/2018) kepada wartawan di Pekanbaru.

Dari operasi ini, petugas mengamankan 19 pelaku. Semua merupakan perambah dan pengemudi truk pengangkut kayu hasil olahan. "Ada 19 orang pelaku diamankan, tiga cainshaw, empat parang, satu sampan dan satu pompong dan satu kendaraan roda empat berupa truk," tuturnya.

Pengakuan para tersangka menyebut, kayu olahan tersebut rencananya akan digunakan sebagai bahan bangunan dan dikirim ke Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir. (*) 





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus