Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Polisi Sita Belasan Ribu Petasan

Minggu, 29 Juli 2012


PEKANBARU-Sekitar 15.000 butir petasan berbagai ukuran yang dijual pedagang dari berbagai tempat di Pekanbaru, telah disita jajaran Polresta Pekanbaru. Petasan tersebut, merupakan hasil sitaan petugas dari berbagai razia penertiban dengan tajuk Operasi Pekat Siak 2012.

"Sejak mulai Ramadan hingga sekarang, petugas telah berhasil menyita sekitar 15.000 petasan dari tangan para pedagang," kata Kapolres Pekanbaru, Kombespol R. Adang Ginanjar kepada wartawan, Sabtu (28/7). Menurutnya, dasar penertiban sesuai Peraturan Kapolri Nomor 02 tahun 2008, tentang pengawasan dan perizinan bahan peledak.

Razia melibatkan seluruh jajaran polsek setempat dan pihak berkepentingan terhadap keamanan. Namun petasan yang disita, terbanyak berasal dari wilayah Polsek Senapelan, karena sepanjang razia digelar disana berhasil diamankan sekitar 11.200 petasan berbagai ukuran dan merek.  

Dikatakan, tujuan razia untuk membuat aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan salat tarawih. Selain itu, tujuannya agar selama Ramadan Pekanbaru bebas petasan.

Setiap malam, warga sejumlah daerah di Pekanbaru resah karena bunyi petasan yang mengganggu umat ketika sedang menjalankan ibadah. Menurut Adang, razia penertiban petasan sebagai upaya menjawab keresahan warga yang menjalani ibadah tersebut. Sebelumnya, para pedagang selama Ramadan bebas menjual petasan berbagai merek. Padahal kepolisian setempat sudah berupaya melarang, namun tidak digubris, makanya kita kemudian melakukan razia.

Sementara itu, sejumlah pedagang petasan mengaku memperoleh petasan dengan membeli melalui agen besar di Pasar Sukaramai di Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru. Dengan razia yang gencar dilakukan polisi, namun upaya menjual petasan tampaknya belum begitu surut. Para penjual petasan, saat ini masih banyak berjejer di sepanjang Jalan Soebrantas dan simpang Pasar Pagi Arengka. (ton)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus