Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Polisi Terus Memburu Enam Tahanan Rutan Siak yang Kabur Pasca Kerusuhan

Minggu, 19 Mei 2019

Polisi dan TNI mengamankan kerusuhan di Rutan Siak. (Foto:Beritasatu)

PEKANBARU-Kepolisian terus memburu enam tahanan Rutan Siak yang kabur saat kerusuhan dan kebakaran, Sabtu lalu. Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto menyebut, sebagian dari tahanan dan napi yang kabur sudah berhasil ditangkap kembali. 

Ada juga yang sudah menyerahkan diri. Sekarang hanya tersisa enam tahanan yang masih kabur dan dicari. "Sejauh ini hanya tinggal enam orang yang masih dalam pencarian," kata Sunarto, Sabtu (18/5/2019).

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau M. Diah menuturkan, dalam pencarian terhadap keenam tahanan kabur ini, tidak ada tenggat waktu tertentu. "Tidak ada tenggat waktu pencarian, akan dicari sampai tertangkap kembali semuanya," ujarnya.

M Diah mengimbau para tahanan yang masih berkeliaran, untuk bisa menyerahkan diri secara sukarela. "Bagi mereka yang mau ikhlas atas kesadaran mereka mau menyerahkan diri kepada pos kepolisian terdekat atau ke Rutan, kita akan pertimbangkan untuk pencabutan hak remisi, salah satunya lebaran yang sebentar lagi. Jika memang memenuhi syarat, tidak akan kita cabut," bebernya.

"Bagi keluarganya, bisa menyampaikan kepada mereka. Insya Allah hak-hak mereka akan kita perhatikan," sambungnya.

Disinggung soal proses pemeriksaan terhadap tiga orang sipir atau penjaga tahanan yang diduga melakukan penyimpangan prosedur, dengan melakukan pemukulan, lalu memancing marah para tahanan dan Napi hingga terjadi kerusuhan, M Diah menegaskan jika mereka sudah diperiksa langsung oleh Inspektorat dari Pusat.

"Sudah diperiksa langsung inspektorat dari Jakarta, saya tinggal menunggu rekomendasi, pemeriksaan dari polisi juga sudah, ada tiga orang. Tapi yang mukul dua orang, satu lagi tidak. Hasilnya tergantung pusat," tukasnya. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus