Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Polres Dumai Sita 119.100 Bungkus Rokok Tanpa Cukai Senilai Rp714 Juta

Senin, 06 November 2017

Kapolres AKBP Restika memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Polres Dumai mengamankan 119.100 bungkus Rokok tanpa cukai senilai Rp714 juta, Minggu (5/11/2017) di Kecamatan Sungai Sembilan. Rokok merek Luffman tanpa cukai tersebut berasal dari Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Rokok tersebut diangkut menggunakan dua mobil, yakni satu truk colt diesel dengan nomor polisi BM 8204 RE dan Pick Up dengan nomor polisi BK 8471 VV di Jalan Raya Penerbit, Kecamatan Sungai Sembilan, minggu malam sekira pukul 21.30 WIB," ungkap Kapolres AKBP Restika PN dalam eksposnya di Mapolres, Senin (6/11/2017).

Selain mengamankan barang bukti rokok dan kendaraan, polisi juga mengamankan tiga orang yang berperan sebagai kurir (satu orang) dan sopir (dua orang). Dari hasil pemeriksaan petugas, dalam mobil Pick up Hiline ditemukan 34 kardus rokok, dan mobil truk Mitsubishi Colt Diesel mengangkut 85 kardus rokok, kemudian tiga pelaku terlibat diamankan untuk kepentingan proses lebih lanjut.

"Dua orang diamankan merupakan sopir dan satu lagi diduga kuat kurir penghubung, kini semua barang bukti dan tersangka telah diamankan guna penyelidikan lebih lanjut," sebutnya.

Terhadap tiga pembawa rokok ilegal itu, polisi mengenakan dua pasal yaitu undang undang tentang perlindungan konsumen dan cukai. "Penangkapan rokok ilegal ini berawal dari penyelidikan narkoba oleh petugas, dan di lapangan ditemukan aktivitas bongkar muat rokok dan pengangkutan di jalan raya di Kecamatan Sungai Sembilan," ujar AKBP Restika.

Dijelaskan, petugas di lapangan saat itu tengah menyelidiki informasi penyelundupan narkoba dalam jumlah besar di Perairan Kecamatan Sungai Sembilan, hasil pengembangan kasus penangkapan narkoba jenis sabu-sabu 81,7 gram dan 20 pil ekstasi.

Polisi masih memburu sejumlah orang terkait dalam pengungkapan kasus sabu-sabu dan ekstasi ini, dan sementara sudah mengamankan empat tersangka, masing masing berinisial H, R dan I serta P. Sedangkan Penanganan kasus penyelundupan rokok kini diserahkan ke Satuan Reskrim Polres Dumai untuk proses hukum lebih lanjut dan pengembangan. (dika cahaya putra)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus